www.riau12.com
Minggu, 14-08-2022 | Jam Digital
06:00 WIB - Ketua Dewan Pers Beri Kesempatan SMSI Mendaftarkan Seluruh Anggotanya untuk Didata | 05:00 WIB - Kalahkan Vietnam, Indonesia Juara Piala AFF U-16 | 20:15 WIB - Puncak HAN 2022 Kota Pekanbaru, DP3APM Hadirkan 1500 Anak PAUD & 1000 Undangan | 17:10 WIB - Timsel Calon Anggota Bawaslu Riau Serahkan Enam Nama ke Bawaslu RI | 13:45 WIB - Penghapusan STNK Mati Pajak 2 Tahun Di Riau Belum Diberlakukan | 11:15 WIB - 241 Pramuka Kwarda Riau Diberangkatkan Ikuti Jambore Nasional XI di Cibubur
 
Pawai Budaya Bagholek Godang , Kamsol : Lestarikan Kembali Adat Istiadat dan Budaya Kampar
Sabtu, 06-08-2022 - 20:15:42 WIB

TERKAIT:
   
 

Riau12.com-BANGKINANG KOTA - Pawai Budaya atau karnaval Bagholek Godang ini penggambaran adat istiadat serta budaya yang berharga dikabupten Kampar dan merupakan warisan bagi Bangsa Indonesia.

Seiring dengan perkembangan zaman yang terus bergulir mempengaruhi pula perkembangan adat istiadat dan budaya Kabupaten Kampar yang mulai terkikis zaman, dengan adanya Iven pawai adat Kabupaten Kampar, Budaya dan Adat Istiadat tidak hanya perlu dilestarikan guna mempertahankan nilai budaya nenek moyong melainkan sangat perlu direvitalisasi dalam proses kehidupan sehari-hari sebagai media pemersatu.

Demikian dikatakan Pj Bupati Kampar Dr Kamsol, MM yang didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Deswita saat melepas Pawai Budaya Bagholek Godang Pemkab Kampar tahun 2022 di Bundaran Rumah Dinas Bupati Kampar Bangkinang Kota, 06/08. Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kampar Fahmil,  Sekda Kampar Drs. Yusri, M.Si, Dandim KPR 0313 /KPR Letkol Arh Mulyadi, Kajari Bangkinang Arief Budiman, SH, MH, Danyon 132 /BS Letkol Inf. Ahmad Fauzi, Kapolres Kampar yang diwakili oleh AKP Deni Yusra, Mewakili Bupati Rokan Hulu Sekretaris Perpustakaan Rohul Nelly, SS, Vice presiden sales IMTEK Shinta Nasution serta para Pejabat dan Kepala OPD di Lingkungan pemkab Kampar.

Pawai Budaya ini diikuti oleh seluruh OPD di Lingkungan Pemkab Kampar, Peguyuban, Komunitas seni dan budaya,  BUMD /BUMN, Instansi Vertikal dan perusahaan yang beroperasi di Kampar.

Dengan adanya Pawai budaya ini, generasi muda dapat mengenal adat istiadat dan budaya Kabupaten Kampar sehingga adat istiadat dapat tetap lestari hingga dikenal sampai ke anak cucu. Adat istiadat harus tetap terjaga tidak boleh  hilang dimakan zaman, sehingga akan tercipta rasa saling menghargai, menghormati, menjaga, melestarikan dan bersatu dalam keberagaman serta rasa kepedulian yang tinggi" Kata Kamsol Dilansir suratkabargenta.id.

Kegiatan pawai budaya Bagholek Godang ini merupakan kegiatan yang positif, sebagai alat pemersatu, sebab dengan bersama maka kita menjaga, melestarikan adat budaya Kabupaten Kampar dan diperlukan  pula rasa kepedulian terhadap  masyarakat yang disekeliling kita menjadi tumbuh dan kuat" Tambah Kamsol.

Insah Allah kita dapat mewujudkan Adat istiadat yang lestari, terjaga sehingga menjadi kearifan lokal Kabupaten Kampar, Begitu juga dalam membangun Kabupaten Kampar yang kita cintai ini, falsafah tiga tungku sajorangan selalu kita pegang teguh karena dengan demikian kami yakin Kampar semakin maju disegala bidang" Tambahnya lagi.

Kami berharap alat pemersatu berupa adat istiadat dan budaya bangsa sejak nenek moyang ini harus tetap kita jaga dan kita tingkatkan." Tutup Kamsol.(***/rls)



 
Berita Lainnya :
  • Pawai Budaya Bagholek Godang , Kamsol : Lestarikan Kembali Adat Istiadat dan Budaya Kampar
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Anak SMA ini Mengaku Dengan "OM" atau "Pacar" Sama Enaknya, Simak Pengakuannya
    2 Azharisman Rozie Lolos Tujuh Besar Seleksi Sekdaprov Riau, 12 Orang Gugur
    3 Tingkatkan Pelayanan dan Tanggap dengan pengaduan masyarakat
    Lusa, Camat Bukit Raya Lauching Forum Diskusi Online
    4 Inilah Pengakuan Istri yang Rela Digarap 2 Sahabat Suaminya
    5 Pemko Pekanbaru Berlakukan Syarat Jadi Ketua RT dan RW Wajib Bisa Operasikan Android
    6 Astagfirullah, Siswi Di Tanggerang Melahirkan Di Tengah Kebun Dan Masih Memakai Seragam
    7 Selingkuh, Oknum PNS Pemprov Riau Dipolisikan Sang Istri
    8 Langkah Cepat Antisipasi Banjir, PU Bina Marga Pekanbaru Lakukan Peremajaan Parit-parit
    9 Lima Negara Ini Di cap memiliki Tingkat Seks Bebas Tertinggi
    10 Dosen Akper Mesum Dengan Mahasiswinya di Kerinci Terancam Dipecat
     
    Pekanbaru Rohil Opini
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2019 PT. Alfagaba Media Group, All Rights Reserved