www.riau12.com
Sabtu, 02-Juli-2022 | Jam Digital
20:30 WIB - OPINI : Membaca Fenomena Komunikasi, Promosi Berujung Polisi | 17:34 WIB - 65 Orang Mendaftar Seleksi, Neil Antariksa Satu-satunya Komisioner Bawaslu Riau Maju Kembali | 07:10 WIB - Libur Sekolah Tiba, Terminal AKAP Pekanbaru Ramai Penumpang | 06:15 WIB - Parah! Bobol Rekening Nasabah Rp5 Miliar, Oknum Pegawai Bank Diciduk Polda Riau | 05:00 WIB - DLHK Pekanbaru Himbau Masyarakat Buang Sampah Tepat Waktu dan Tempat, Titiknya Berikut Ini | 15:23 WIB - Disketapang Gelar PPM di Car Free Day Pasarkan Pangan Segar dan Olahan KWT
 
Wakili Ketua LAK Kampar, Ini Kata Datuok Tandiko di Pembukaan Lomba Basiacuong I LPP BAIK
Ahad, 13-02-2022 - 15:45:35 WIB

TERKAIT:
   
 

SALO, Riau12.com - Pembukaan Lomba Basiacuong I tahun 2022 yang dibuka langsung oleh H Syawir Datuok Tandiko Kenegerian Pulau Gadang Sekretaris Lembaga Adat Kampar (LAK) pada hari Sabtu (12/02/2022) malam, kemarin berlangsung meriah.

Syawir saat membuka Lomba Basiacuong I tahun 2022 ini mewakili H Yusri selaku Ketua Lembaga Adat Kampar. Lomba Basiacuong ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kampar ke 72 dan Hari berdirinya Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Budaya Adat Istiadat Kampar (LPP-BAIK) ke 2 tahun 2022.

"Kehadiran LPP BAIK  yang masih berumur 2 tahun ini memberi ruang seluas-luasnya bagi generasi muda dan masyarakat Kampar untuk mengembangkan seni budaya dan adat istiadat Kampar," kata Syawur Datuok Tandiko saat menyampaikan arahan pada pembukaan Lomba Basiacuong I di Taman Budaya atau di Kampus LPP BAIK, di Dusun Terang Bulan, Desa Salo, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar.

Sawir Datuok Tandiko berharap kepada para seniman, sastrawan, pegiat seni budaya, generasi muda dapat terus berkarya dan berinovasi.

Dengan demikian, seni dan budaya akan terus tumbuh dan berkembang sesuai perkembangan zaman tanpa meninggalkan nilai luhur budaya yang kita miliki.

"Penyelenggaraan Lomba Basiacuong ini merupakan momentum penting dan bersejarah dalam perjalanan dinamika seni dan budaya masyarakat Kampar. Seni dan budaya Kampar terus tumbuh, hidup dan berkembang dan para seniman, pegiat seni budaya sangat responsif terhadap kemajuan serta perkembangan yang terjadi, agar nilai nilai budaya tidak tergerus oleh virus di era modrenisasi saat," ujar Syawir.

Basiacuong atau Basisombau, lanjut Sawir, telah menjadi DNA-nya, ciri khasnya masyarakat Kampar. "Ini yang membuat adat istiadat dan budaya Kampar terasa hidup dan jangan sampai seni budaya dan nilai adat istiadat Kampar semakin redup akibat ancaman dari budaya luar," imbuhnya.

Teks Foto : Sekretaris Lembaga Adat Kampar H Syawir Datuok Tandiko yang mewakili Ketua H Yusri Datuok Bandaro Mudo saat pembukaan Lomba Basiacuong I tahun 2022 pada hari Sabtu (12/02/2022) malam, kemarin di Taman Budaya atau di Kampus LPP BAIK, di Dusun Terang Bulan, Desa Salo, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar.(Arif)



 
Berita Lainnya :
  • Wakili Ketua LAK Kampar, Ini Kata Datuok Tandiko di Pembukaan Lomba Basiacuong I LPP BAIK
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Anak SMA ini Mengaku Dengan "OM" atau "Pacar" Sama Enaknya, Simak Pengakuannya
    2 Azharisman Rozie Lolos Tujuh Besar Seleksi Sekdaprov Riau, 12 Orang Gugur
    3 Tingkatkan Pelayanan dan Tanggap dengan pengaduan masyarakat
    Lusa, Camat Bukit Raya Lauching Forum Diskusi Online
    4 Inilah Pengakuan Istri yang Rela Digarap 2 Sahabat Suaminya
    5 Astagfirullah, Siswi Di Tanggerang Melahirkan Di Tengah Kebun Dan Masih Memakai Seragam
    6 Pemko Pekanbaru Berlakukan Syarat Jadi Ketua RT dan RW Wajib Bisa Operasikan Android
    7 Selingkuh, Oknum PNS Pemprov Riau Dipolisikan Sang Istri
    8 Langkah Cepat Antisipasi Banjir, PU Bina Marga Pekanbaru Lakukan Peremajaan Parit-parit
    9 Lima Negara Ini Di cap memiliki Tingkat Seks Bebas Tertinggi
    10 Dosen Akper Mesum Dengan Mahasiswinya di Kerinci Terancam Dipecat
     
    Pekanbaru Rohil Opini
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2019 PT. Alfagaba Media Group, All Rights Reserved