www.riau12.com
Minggu, 13-Juni-2021 | Jam Digital
17:43 WIB - Even Riding Tipis, PRI dan BOI Taja Diskusi dan Silaturrahmi di Kupiek Ndak Batullang Kuok Kampar | 11:04 WIB - BPBD Riau Distribusikan Bantuan Logistik untuk Korban Banjir Pekanbaru | 08:00 WIB - Respon Lonjakan Covid-19, Imigrasi Pulangkan 32 WNA India | 19:50 WIB - Kanwil Kemenkumham Riau Diusulkan Sebagai Satker Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani | 15:23 WIB - Atasi Kerusakan Jalan di Rokan Hulu, Dinas PUPR, Dishub dan Polres Rohul Turun Lapangan | 11:45 WIB - Pelajari Smart City Madani, DPRD dan Kominfo Sijunjung kunjungi Diskominfotiksan Pekanbaru
 
Gubri Undang Sandiaga Uno ke Batu Tilam Kampar Kembangkan Desa Wisata
Selasa, 06-04-2021 - 11:45:45 WIB

TERKAIT:
 
  • Gubri Undang Sandiaga Uno ke Batu Tilam Kampar Kembangkan Desa Wisata
  •  

    PEKANBARU (Riau12.com)- Gubernur Riau Syamsuar akan mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, untuk melihat secara langsung kemolekan destinasi wisata air terjun Batu Tilam, di Desa Kebun Tinggi, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

    "Saya akan mengundang pak Menteri Pariwisata untuk melihat langsung Batu Tilam, objek wisata yang sangat luar biasa di Desa Kebun Tinggi Kampar Kiri Hulu," ujar Gubri pada saat Rapat Kerja Pengelenggara urusan Pemerintahan Desa Selasa (6/4/2021).

    Gubernur mengaku sengaja mengundang Menparekraf untuk mendukung program pengembangan desa wisata. Desa wisata merupakan program pengembangan ekowisata dan untuk meningkatan ekonomi masyarakat desa.

    "Sekarang kita mesti inovatif. Saya berpesan kepada Kepala Desa bisa lebih kreatif mengembangakan Desa wisata. Selain adanya dukungan dana APBD/APBN bisa juga melalui dana CSR dan melalui investasi. Ini upaya untuk meningkatkan perekonomian desa," kata Gubri.

    Panorama Batu Tilam

    Air Terjun Batu Tilam berada di mulut gua di punggung Bukit Barisan yang melintasi provinsi Riau. Para peminat objek wisata alam liar bisa menguji nyali sambil disuguhi hutan alam yang masih asri.

    Di objek wisata ini terdapat 27 air terjun. Diantaranya air terjun 2 tingkat setinggi sekitar 110 m. Sampai saat ini baru 2 air terjun yang terkelola. Hutan di sekitar Batu Tilam sangat terawat karena dilindungi oleh Perdes yang didukung oleh Ninik Mamak di Desa Kebun Tinggi. Masyarakat juga komitmen mematuhinya.

    Saat datang ke sana, pemandangan hutan yang asri dan udara sejuk langsung menyapa. Ketika Air Terjun Batu Tilam mengalir deras membasahi dinding batu, butiran halus seperti halimun menyelimuti area itu.

    Di kawasan Air Terjun Batu Tilam masih terdengar suara siamang dan bermacam-macam jenis burung yang saling bersahutan. Berbagai macam kayu hutan yang sudah langka juga masih bisa dijumpai di tempat ini, dengan ukuran diameter kayunya besar-besar sehingga perlu 2-3 pelukan orang dewasa untuk menggapainya.

    Amenitas Objek wisata air terjun Batu Tilam sudah dilengkapi fasilitas tiga pondok peristirahatan yang cukup luas dan MCK untuk pengunjung yang datang.

    Sementara, Aksesibilitas menuju air terjun Batu Tilam bisa dijangkau dari Pekanbaru melalui Desa Lipat Kain. Dari sana perjalanan dapat dilanjutkan menuju ke Desa Kebun Tinggi.

    Lama perjalanan sangat bergantung musim. Dari Lipat Kain, ketika musim kemarau untuk bisa mencapainya dibutuhkan waktu selama empat jam perjalanan. Namun bila kondisi hujan, perjalanan bisa memakan waktu yang lebih lama, yakni  8 jam bahkan lebih. (mcr)




     
    Berita Lainnya :
  • Gubri Undang Sandiaga Uno ke Batu Tilam Kampar Kembangkan Desa Wisata
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Anak SMA ini Mengaku Dengan "OM" atau "Pacar" Sama Enaknya, Simak Pengakuannya
    2 Azharisman Rozie Lolos Tujuh Besar Seleksi Sekdaprov Riau, 12 Orang Gugur
    3 Tingkatkan Pelayanan dan Tanggap dengan pengaduan masyarakat
    Lusa, Camat Bukit Raya Lauching Forum Diskusi Online
    4 Inilah Pengakuan Istri yang Rela Digarap 2 Sahabat Suaminya
    5 Astagfirullah, Siswi Di Tanggerang Melahirkan Di Tengah Kebun Dan Masih Memakai Seragam
    6 Pemko Pekanbaru Berlakukan Syarat Jadi Ketua RT dan RW Wajib Bisa Operasikan Android
    7 Langkah Cepat Antisipasi Banjir, PU Bina Marga Pekanbaru Lakukan Peremajaan Parit-parit
    8 Selingkuh, Oknum PNS Pemprov Riau Dipolisikan Sang Istri
    9 Lima Negara Ini Di cap memiliki Tingkat Seks Bebas Tertinggi
    10 Dosen Akper Mesum Dengan Mahasiswinya di Kerinci Terancam Dipecat
     
    Pekanbaru Rohil Opini
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2019 PT. Alfagaba Media Group, All Rights Reserved