www.riau12.com
Minggu, 13-Juni-2021 | Jam Digital
17:43 WIB - Even Riding Tipis, PRI dan BOI Taja Diskusi dan Silaturrahmi di Kupiek Ndak Batullang Kuok Kampar | 11:04 WIB - BPBD Riau Distribusikan Bantuan Logistik untuk Korban Banjir Pekanbaru | 08:00 WIB - Respon Lonjakan Covid-19, Imigrasi Pulangkan 32 WNA India | 19:50 WIB - Kanwil Kemenkumham Riau Diusulkan Sebagai Satker Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani | 15:23 WIB - Atasi Kerusakan Jalan di Rokan Hulu, Dinas PUPR, Dishub dan Polres Rohul Turun Lapangan | 11:45 WIB - Pelajari Smart City Madani, DPRD dan Kominfo Sijunjung kunjungi Diskominfotiksan Pekanbaru
 
Ibu yang Divaksin Bisa Tularkan Antibodi Covid-19 Melalui ASI
Ahad, 11-04-2021 - 09:35:01 WIB
Ilustrasi
TERKAIT:
 
  • Ibu yang Divaksin Bisa Tularkan Antibodi Covid-19 Melalui ASI
  •  

    JAKARTA, Riau12.com - Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ibu yang telah divaksinasi dapat menyebarkan antibodi Covid-19 melalui Air Susu Ibu ASI.

    Sebuah hasil penelitian gabungan dari berbagai universitas termasuk University of Rochester Medical Center yang terbit pada Februari lalu menganalisis lebih dari 30 sampel susu dari 18 wanita yang telah didiagnosis dengan Covid-19.
    Sementara dua pertiga sampel ditemukan mengandung antibodi Covid, tidak ada sampel yang mengandung virus itu sendiri.

    "Hasil awal ini menunjukkan bahwa ASI dari ibu yang pernah terinfeksi Covid-19 mengandung antibodi spesifik dan aktif untuk melawan virus, dan mereka tidak menularkan virus melalui ASI. Ini berita bagus!" tulis rekan penulis Bridget Young, asisten profesor di URMC, seperti dilansir dari laman People.

    Studi lain yang diterbitkan bulan lalu, yang belum ditinjau sejawat, dipimpin oleh ahli imunologi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai Rebecca Powell menemukan hasil serupa.

    Menganalisis sampel dari wanita yang menerima vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna, para peneliti menemukan tingkat antibodi IgA yang signifikan, yang biasanya ditemukan dalam ASI dan dapat membantu melindungi bayi dari penyakit saluran pernapasan, seperti Covid-19.

    Namun, Powell mencatat bahwa perlindungan apa pun yang diberikan kepada bayi hanya bersifat sementara.

    "Ini tidak sama dengan bayi yang divaksinasi," katanya kepada The New York Times. Peneliti lain dari URMC, Dr. Antti Seppo menambahkan segera setelah Anda berhenti menyusui ASI itu, tidak ada periode perlindungan.

    Melalui penelitiannya, Seppo menemukan bahwa kadar antibodi dalam ASI mencapai puncaknya setelah wanita menerima dosis vaksin kedua.

    Beberapa ibu yang divaksinasi bahkan bekerja ekstra untuk membantu ibu baru lainnya.

    Seorang ibu North Carolina, yang memiliki anak kembar berusia 3 bulan, mengatakan kepada The New York Times bahwa seorang teman yang telah divaksinasi menawarkan untuk berbagi ASInya sendiri.

    "Mereka tidak bisa divaksin jadi ini memberi saya sedikit ketenangan pikiran," kata Destiny Burgess kepada anak-anaknya.

    "Saya merasa seperti memiliki kekuatan super yang baru ditemukan ini," tambah temannya, Olivia de Soria, yang berbagi susunya dengan total lima keluarga.

    Meskipun penelitian tambahan masih diperlukan, banyak peneliti menyatakan keyakinannya kepada Times tentang keamanan ASI dari ibu yang divaksinasi.

    "Tidak ada alasan untuk berpikir ada sesuatu tentang vaksin ini yang akan menyebabkannya berbahaya, dan ada alasan untuk percaya itu akan bermanfaat," kata Christina Chambers, co-direktur Center for Better Beginnings San Diego di Universitas California.(R04)

    Sumber Berita: bisnis.com




     
    Berita Lainnya :
  • Ibu yang Divaksin Bisa Tularkan Antibodi Covid-19 Melalui ASI
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Anak SMA ini Mengaku Dengan "OM" atau "Pacar" Sama Enaknya, Simak Pengakuannya
    2 Azharisman Rozie Lolos Tujuh Besar Seleksi Sekdaprov Riau, 12 Orang Gugur
    3 Tingkatkan Pelayanan dan Tanggap dengan pengaduan masyarakat
    Lusa, Camat Bukit Raya Lauching Forum Diskusi Online
    4 Inilah Pengakuan Istri yang Rela Digarap 2 Sahabat Suaminya
    5 Astagfirullah, Siswi Di Tanggerang Melahirkan Di Tengah Kebun Dan Masih Memakai Seragam
    6 Pemko Pekanbaru Berlakukan Syarat Jadi Ketua RT dan RW Wajib Bisa Operasikan Android
    7 Langkah Cepat Antisipasi Banjir, PU Bina Marga Pekanbaru Lakukan Peremajaan Parit-parit
    8 Selingkuh, Oknum PNS Pemprov Riau Dipolisikan Sang Istri
    9 Lima Negara Ini Di cap memiliki Tingkat Seks Bebas Tertinggi
    10 Dosen Akper Mesum Dengan Mahasiswinya di Kerinci Terancam Dipecat
     
    Pekanbaru Rohil Opini
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2019 PT. Alfagaba Media Group, All Rights Reserved