www.riau12.com
Minggu, 13-Juni-2021 | Jam Digital
17:43 WIB - Even Riding Tipis, PRI dan BOI Taja Diskusi dan Silaturrahmi di Kupiek Ndak Batullang Kuok Kampar | 11:04 WIB - BPBD Riau Distribusikan Bantuan Logistik untuk Korban Banjir Pekanbaru | 08:00 WIB - Respon Lonjakan Covid-19, Imigrasi Pulangkan 32 WNA India | 19:50 WIB - Kanwil Kemenkumham Riau Diusulkan Sebagai Satker Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani | 15:23 WIB - Atasi Kerusakan Jalan di Rokan Hulu, Dinas PUPR, Dishub dan Polres Rohul Turun Lapangan | 11:45 WIB - Pelajari Smart City Madani, DPRD dan Kominfo Sijunjung kunjungi Diskominfotiksan Pekanbaru
 
Layaknya Pilkades dan Pilkada, Ketua Panitia : Ini Pemilihan Ketua RT dan RW Langsung Pertamakalinya
Ahad, 14-03-2021 - 16:21:31 WIB
TERKAIT:
 
  • Layaknya Pilkades dan Pilkada, Ketua Panitia : Ini Pemilihan Ketua RT dan RW Langsung Pertamakalinya
  •  

    SANGKAR PUYUH-Pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di Dusun Sangkar Puyuh Desa Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar berlangsung layaknya pemilihan Kepala Desa atau Pilkada. Bahkan, masyarakat siap menagih apabila kepemimpinan ketua RT dan RW yang baru tidak amanah.


    Antusiasme warga terlihat sejak sekitar pukul 07.45 WIB, tatkala warga antre di TPS. Adapun para petugas TPS, mulai dari panitia hingga dan saksipun sudah siap melayani warga yang datang untuk memilih ketua RT dan RW mereka.

    Layaknya proses pencoblosan, warga yang membawa undangan datang kemudian mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan surat suara. Setelah itu mereka menuju bilik suara dan mencoblos kandidat ketua RT dan RW yang ada. Kemudian, surat suara tersebut dimasukan ke dalam kotak suara yang dijaga oleh panitia.

    Ketua Panitia Pemilihan RT dan RW Dusun Sangkar Puyuh Ramli Riau menerangkan, pemilihan ketua RT dan RW secara pemilihan langsung merupakan pertama kalinya di lingkungan setempat. Namun bukanlah ajang persaingan, melainkan kebersamaan.

    " Ini adalah pemilihan Ketua RT dan RW pertama kalinya dilakukan secara langsung dan terbuka bagi seluruh masyarakat Dusun Sangkar Puyuh," sebutnya.

    Menurutnya, pemilihan ketua RT dan RW berjalan sukses dan lancar tanpa ada kendala. Antusias masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya sangat tinggi.

    Dari Daftar Pemilih Tetap yang berasal dari RT 01, RT 02, RT 03 dan RT 04 serta RW 01 dan RW 02 , sudah ada 90 persen yang hadir, hingga pukul 11.00 WIB. Sementara pada pileg dan pilpres, hanya 80 persen yang mengikutinya.


    "Sangat demokratis, bahkan mulai sejak pendataan DPT, sudah dipersiapkan dengan baik. Dari proses pemilihan ini, apresiasi warga benar-benar tersalurkan," tuturnya.

    Sejumlah persiapan dibiayai menggunakan dana dari uang pendaftaran para Calon Ketua RT dan RW sejumlah Rp600 ribu dan tidak ada dana swadaya masyarakat. Kalau dihitung secara detail penggunaan operasional dan financial uang sejumlah tersebut tidak akan bisa membuat acara sesukses ini. Ini memang murni dari kelihaian dan kepintaran para panitia dalam menjalankan amanah yang diembannya.

    Selanjutnya, 650 Pemilih akan menentukan siapa di antara 8 kandidat ketua RT dan 4 kandidat ketua RW.

    "Pada kandidat calon Ketua RT yang lama tidak ada yang mencalonkan semua nya wajah baru dan Calon Ketua RW ada 2 orang yang lama dan 2 orang yang baru ," jelas Ramli.

    Plt. Kepala Dusun Sangkar Puyuh, Suherdi, S.Si, menyatakan dirinya menyambut baik pelaksanaan Pemilihan RT dan RW tersebut, apalagi mengadopsi sistem pemilihan langsung.

    "Pemilihan secara langsung dan serentak ini memang dikehendaki oleh warga dan saya sangat terkejut dengan adanya pemilihan RT/RW sekaligus dilakukan bersamaan, ini satu ide yang sangat bagus," katanya.

    Ia berharap siapapun yang terpilih nantinya sebagai Ketua RT dan RW harus didukung penuh oleh seluruh unsur masyarakat sekitar.

    "Sebab peran Ketua RT dan RW pada akhirnya sangat vital karena mereka merupakan ujung tombak pemerintahan," tandas Suherdi yang juga merupakan Sekretaris Desa (Sekdes) Sawah Kecamatan Kampar Utara.(r12)



     
    Berita Lainnya :
  • Layaknya Pilkades dan Pilkada, Ketua Panitia : Ini Pemilihan Ketua RT dan RW Langsung Pertamakalinya
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Anak SMA ini Mengaku Dengan "OM" atau "Pacar" Sama Enaknya, Simak Pengakuannya
    2 Azharisman Rozie Lolos Tujuh Besar Seleksi Sekdaprov Riau, 12 Orang Gugur
    3 Tingkatkan Pelayanan dan Tanggap dengan pengaduan masyarakat
    Lusa, Camat Bukit Raya Lauching Forum Diskusi Online
    4 Inilah Pengakuan Istri yang Rela Digarap 2 Sahabat Suaminya
    5 Astagfirullah, Siswi Di Tanggerang Melahirkan Di Tengah Kebun Dan Masih Memakai Seragam
    6 Pemko Pekanbaru Berlakukan Syarat Jadi Ketua RT dan RW Wajib Bisa Operasikan Android
    7 Langkah Cepat Antisipasi Banjir, PU Bina Marga Pekanbaru Lakukan Peremajaan Parit-parit
    8 Selingkuh, Oknum PNS Pemprov Riau Dipolisikan Sang Istri
    9 Lima Negara Ini Di cap memiliki Tingkat Seks Bebas Tertinggi
    10 Dosen Akper Mesum Dengan Mahasiswinya di Kerinci Terancam Dipecat
     
    Pekanbaru Rohil Opini
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2019 PT. Alfagaba Media Group, All Rights Reserved