www.riau12.com
Sabtu, 21-09-2019 | Jam Digital
11:13 WIB - Pekanbaru Tuan Rumah, Sekdaprov Canangkan TNI - Polri KKBPK Kesehatan Riau di RSD Madani | 21:45 WIB - 2021 Kontrak Chevron Berakhir, LAM Riau Tegaskan Riau Siap Kelola Blok Rokan 100 Persen | 19:45 WIB - Ratusan Pengendara Terjaring Operasi Patuh Muara Takus 2019 di Duri | 12:45 WIB - Terjadi Lagi, Mobil Xpander Terbakar Berasal Double Cabin Silver | 09:32 WIB - Bawa Sabu dan Todong Polisi Razia, Warga Pekanbaru Tewas Ditembak di Sumbar | 13:15 WIB - Kepemimpinan dan Ketegasan Sukseskan Program KKBPK Tahun 2019 Riau di Kota Pekanbaru
 
Sukses Peringati Perayaan 1 Syawal dengan Adat Istiadat Desa Alahan
Selasa, 11-06-2019 - 08:12:32 WIB
TERKAIT:
 
  • Sukses Peringati Perayaan 1 Syawal dengan Adat Istiadat Desa Alahan
  •  

    Riau12.com-Sukses Memperingati Perayaan 1 Syawal dengan Adat Istiadat Desa Alahan. Sebagaimana yang kita ketahui selama ini Desa Alahan adalah salah satu Desa yang ada di Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu, yang selalu memperingati perayaan 1 syawal dengan acara yang diselenggarakan secara bersama, baik dari jajaran Pemerintahan Desa, Ninik Mamak, dan Pemuda, semuanya bersatu padu dalam menyusun kegiatan perencanaan perayaan yang diawali dengan penyambutan Kepala Desa yang selalu diiringi music Celempong kemudian juga berlangsung Boaghak, pengguntingan Pita, setelah acara dibuka dilanjut dengan penampilan berbagai seni mulai Tari-tarian Melayu, berbagai jenis Pencak Silat, serta beberapa permainan anak-anak dan Panjat Batang Pinang.


    Acara yang dipandu Oleh 2 MC yang masih muda, handal dibidangnya, yaitu Delpi Susanti, S. IP., M. IP (Sekretaris Panitia), dan Hendi Kurniawan, mengiringi dan memandu acara tak lupa Pantun berbalas Pantun untuk menghidupkan suasana dan menghibur para tamu undangan, merupakan putra putri Desa Alahan sendiri.


    Menurut M. Rafhi, S. IP (Ketua Panitia), Acara ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya, adapun tamu undangan yang hadir terdiri dari Polsek Kecamatan Rokan IV Koto, Pemerintahan Desa Tetangga yaitu Desa Lubuk Bendahara, Pemerintahan Desa Alahan Sendiri, Ninik Mamak dari Dt. Paduko Sindo, Dt. Jingkoto, dan Dt. Paduko Jelo, tidak lupa acara ini juga di Hadiri oleh Anggota DPRD terpilih periode 2019-2024 (Ayatullah Kumaini, SE., M. Si), serta seluruh Lapisan masyarakat yang ikut memeriahkan Acara Peringatan 1 Syawal. Berdasarkan keterangan panitia suksesnya acara ini juga merupakan sumbangsih dari masyarakat yang antusias hadir dan menyumbang dalam pembelian lelangan, dimana penjualan lelangan mencapai hasil +- Rp. 20.000.000,- (Dua Puluh Juta Rupiah). Yang keseluruhannya akan disumbangkan untuk pembangunan MESJID dan MUSHALA yang ada di Desa Alahan.


    Harapan Kepala Desa dalam Sepatah dua patah katanya, beliau berharap Acara seperti ini terus ditingkatkan untuk tiap tahunnya untuk melestarikan Adat Budaya melayu, ini juga akan mempererat silaturahmi bagi masyarakat Desa Alahan sendiri. Baik Pemerintahan Desa sendiri (Kepala Desa, Perangkat Desa + BPD), Ninik Mamak, Pemuda dimana dalam menjalankan roda pemerintahan Desa semunya harus bersatu padu ibaratkan sapu lidi yang apabila bersatu banyak maka akan kokoh namun sebaliknya.


    Adapun sepatah Kata yang disampaikan oleh Tokoh masyarakat yang dalam hal ini disampaikan oleh Bpk. Ayatullah Kumaini, SE., M. Si pertama beliau mengucapkan ribuan terima kasih kepada masyarakat Desa Alahan yang mana telah mempercayai dengan memberikan dukungan suara untuk beliau bisa duduk mewakili kepentingan masyarakat. Sebagai putra asli daerah harapan beliau bisa membawa perubahan positif untuk kemajuan Desanya juga.


    Selanjutnya sekapur sirih dari Ninik mamak yang disampaikan oleh Dt. Paduko Sindo dalam hal ini Dt. Zulkarnaen, beliau mempunyai harapan besar kepada kepala Desa, Bpk. Dewan terpilih untuk senantiasa melestarikan Adat dan Budaya, sehingga Anak cucu Kemanakan tidak satu pun yang tidak tau akan adat istiada yang ada , mulai dari pengenalan suku, silaturahmi yang paling penting. Baik antar ninik mamak itu sendiri maupun pemerintahan desa. Harapan beliau yang lain cucu kemanakan tidak hanya tau pas akan menikah saja tapi juga tau seluk beluk tentang adat istiadat oleh sebab itu ninik mamak akan membimbing cucu kemanakan dalam pengenalan adat istiadat tersebut.


    Suksesnya acara ini tidak luput dari kerja keras dan persatuan dari Panitia yang sangat luarbiasa oleh sebab itu Ribuan Terimakasi untuk seluruh jajaran panitia, tutur Rafi (selaku Ketua Panitia). (Rls).



     
    Berita Lainnya :
  • Sukses Peringati Perayaan 1 Syawal dengan Adat Istiadat Desa Alahan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Anak SMA ini Mengaku Dengan "OM" atau "Pacar" Sama Enaknya, Simak Pengakuannya
    2 Azharisman Rozie Lolos Tujuh Besar Seleksi Sekdaprov Riau, 12 Orang Gugur
    3 Inilah Pengakuan Istri yang Rela Digarap 2 Sahabat Suaminya
    4 Astagfirullah, Siswi Di Tanggerang Melahirkan Di Tengah Kebun Dan Masih Memakai Seragam
    5 Tingkatkan Pelayanan dan Tanggap dengan pengaduan masyarakat
    Lusa, Camat Bukit Raya Lauching Forum Diskusi Online
    6 Langkah Cepat Antisipasi Banjir, PU Bina Marga Pekanbaru Lakukan Peremajaan Parit-parit
    7 Selingkuh, Oknum PNS Pemprov Riau Dipolisikan Sang Istri
    8 Lima Negara Ini Di cap memiliki Tingkat Seks Bebas Tertinggi
    9 Dosen Akper Mesum Dengan Mahasiswinya di Kerinci Terancam Dipecat
    10 Ada Mobil Goyang, Setelah Dibuka...Ternyata Polisi Mesum
     
    Pekanbaru Rohil Advertorial Pariwara Galeri Foto Opini
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. Alfagaba Media Group, All Rights Reserved