www.riau12.com
Jum'at, 29-Maret-2024 | Jam Digital
10:19 WIB - Pastikan Tak Ada Tunda Bayar, Pemko Pekanbaru Serahkan LKPD 2023 ke BPK | 10:14 WIB - Unik, Adidas Buat Sneakers Dari Kotak Sepatu | 10:09 WIB - Pemkab Kampar Gelar Rapat dengan SKK Migas dan KKKS, Bahas Pembangunan Bangkinang Riverside | 09:57 WIB - Sering Salah Tangkap, Intelijen Militer Israel Program Pengenalan Wajah Eksperimental di Gaza | 09:38 WIB - Pemprov Riau Akan Bangun Hotel di Kapasan Sipil Jakarta | 20:28 WIB - Hati-hati Pas Mudik, Berikut Daftar 48 Titik Rawan Kecelakaan di Riau
 
Meriah, Bersama Makan 1.500 Lomang dan Panjat Pinang Tutup Kampar Expo 2019
Rabu, 06-02-2019 - 08:25:12 WIB

TERKAIT:
   
 

Riau12.com, BANGKINANG - Salah satu yang menarik dan berbeda dari perayaan Hari Jadi Kabupaten Kampar ke-69 tahun 2019 adalah makan lomang bersama pada acara penutupan Kampar Expo 2019 di Lapangan Merdeka Bangkinang, Selasa (5/2/2019). Cara penyajian lomang singgang atau lomang panggang sebelum dibagikan kepada masyarakat terlebih dulu dinilai cara penyajiannya oleh juri.

1.500 batang lomang ini merupakan sumbangan dari 21 kecamatan. Masing-masing kecamatan membawa 69 batang lomang.

Kecamatan Kampa keluar sebagai juara pertama disusul, Kecamatan Kuok, Kecamatan Kampar Kiri Tengah, Kecamatan Kampar. Selanjutnya peringkat kelima di raih Kecamatan Perhentian Raja. Para pemenang ini diberikan uang pembinaan.

Setelah pembagian lemang kepada masyarakat dilanjutkan dengan lomba panjat pinang. Ada 30 batang pinang yang dipanjat masyarakat. Diantara batang pinang diisi oleh organisasi perangkat daerah.

Kegiatan karnaval dan makan lomang singgang bersama sebagai penutup aneka kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kampar ke-69 tahun 2019 mendapat perhatian luar biasa dari masyarakat Kota Bangkinang dan Kabupaten Kampar pada umumnya.

Karnaval ini dilepas secara resmi oleh Pelaksana Tugas Bupati Kampar yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar H Yusri. Tampak hadir diantara ribuan masyarakat Ketua DPRD Kabupaten Kampar, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar Alfian, para kepala OPD dilingkungan Pemkab Kampar dan undangan lainnya.

Plt Bupati Kampar yang diwakili oleh sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Yusri dalam arahan menyampaikan, ada beberapa rangkaian acara yang sudah dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kampar tahun ini. Kegiatan itu adalah turnamen bola voli putra maupun putri antar instansi, Kesenian Rakyat,  Permainan Rakyat, Pacu Sampan, Kampar Expo, karnaval budaya, makan lomang bersama dan panjat batang pinang. "Semua ini Alhamdulillah telah berjalan dengan baik," ujar Yusri.

Dikatakan Yusri, lomba membuat lomang singgang atau lomang panggang sebanyak 1.500 batang adalah terobosan yang terbaru.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kampar dilanjutkan Rabu (6/2/2019) yang diawali dengan upacara bendera dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kampar di Lapangan Upacara Komplek Perkantoran Bupati Kampar, dan dilanjutkan dengan rapat paripurna istimewa di DPRD Kampar serta makan bajambau di Balai Adat Kampar di Jalan Lingkar, Bangkinang maupun makan bersama dengan masyarakat di Gedung Mahligai Bungsu, Jalan A. Yani, Bangkinang.

"Semoga apa yang kita lakukan mendapatkan ridha dari Allah SWT," ujar Yusri.

Sebelum rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Kampar ditutup secara resmi, terlebih dulu dilakukan karnaval budaya dengan menggunakan becak motor hias dengan miniatur Rumah Lontiok Kampar dan jalan kaki yang diikuti oleh seluruh kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Kampar serta paguyuban dan anak sekolah. Kegiatan dimulai dari taman kota Bangkinang dan finish di Lapangan Merdeka Bangkinang.

Sementara itu Koordinator Seni Budaya Hari Jadi Kabupaten Kampar Zulia Dharma menyampaikan, sebanyak 97 stand tampil pada Kampar Expo 2019 dengan jumlah kunjungan sebanyak 16.000 orang. "Masyarakat sangat antusias terhadap penyelenggaraan ini," ucap Zulia Darma.(rtc)



 
Berita Lainnya :
  • Meriah, Bersama Makan 1.500 Lomang dan Panjat Pinang Tutup Kampar Expo 2019
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Anak SMA ini Mengaku Dengan "OM" atau "Pacar" Sama Enaknya, Simak Pengakuannya
    2 Azharisman Rozie Lolos Tujuh Besar Seleksi Sekdaprov Riau, 12 Orang Gugur
    3 Tingkatkan Pelayanan dan Tanggap dengan pengaduan masyarakat
    Lusa, Camat Bukit Raya Lauching Forum Diskusi Online
    4 Pemko Pekanbaru Berlakukan Syarat Jadi Ketua RT dan RW Wajib Bisa Operasikan Android
    5 Inilah Pengakuan Istri yang Rela Digarap 2 Sahabat Suaminya
    6 Astagfirullah, Siswi Di Tanggerang Melahirkan Di Tengah Kebun Dan Masih Memakai Seragam
    7 Lima Negara Ini Di cap memiliki Tingkat Seks Bebas Tertinggi
    8 Selingkuh, Oknum PNS Pemprov Riau Dipolisikan Sang Istri
    9 Langkah Cepat Antisipasi Banjir, PU Bina Marga Pekanbaru Lakukan Peremajaan Parit-parit
    10 Dosen Akper Mesum Dengan Mahasiswinya di Kerinci Terancam Dipecat
     
    Pekanbaru Rohil Opini
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2022 PT. Alfagaba Media Group, All Rights Reserved