www.riau12.com
Selasa, 18-Juni-2024 | Jam Digital
20:51 WIB - Doa Wukuf Jamaah Haji Indonesia Dipimpin Habib Ibrahim Lutfi | 19:50 WIB - PSIS Semarang perpanjang kontrak Rizky Darmawan dua musim | 18:55 WIB - Satgas Karhutla Riau Gencar Lakukan TMC, Hujan Buatan Dibuat di 4 Kabupaten | 18:03 WIB - Terjerat Pinjol: Karyawan di Batam Curi 143 Ponsel, Pabrik Rugi Rp450 Juta | 17:25 WIB - Survei LSI, Abdul Wahid Memimpin di Pilgub Riau 2024 | 16:41 WIB - Hutan Kota Belakang Kantor Bupati Pasirpengaraian Ditutup Sementara, Beruang Madu Masih Berkeliaran
 
Persepsi Generasi Muda dalam Penetapan Bawaslu dan Dampaknya Terhadap Partisipasi Pemuda di Pemilu
Rabu, 23-08-2023 - 07:33:10 WIB
Delpi Susanti
TERKAIT:
   
 

Riau12.com-Partisipasi politik yang aktif dan berkelanjutan merupakan inti dari sistem demokrasi yang sehat. Generasi muda, sebagai agen perubahan dan penggerak utama sosial, memiliki peran penting dalam menjaga integritas dan keberlanjutan proses demokrasi. Pemilihan umum merupakan salah satu bentuk partisipasi politik yang paling fundamental, di mana masyarakat berkesempatan untuk memilih para pemimpin mereka.



Dalam konteks ini, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) memiliki tanggung jawab penting dalam menjaga integritas dan keabsahan proses pemilihan. Bawaslu bertugas mengawasi, mengawal, dan mengatur jalannya pemilihan umum serta menjaga agar pemilu berlangsung secara adil dan transparan.


Dalam upaya memastikan integritas pemilihan, opini dan persepsi masyarakat, terutama generasi muda, terhadap proses penetapan anggota Bawaslu memiliki dampak signifikan terhadap partisipasi pemuda dalam pemilihan.


Namun, terdapat perhatian penting mengenai bagaimana generasi muda memandang peran Bawaslu dan bagaimana persepsi mereka terhadap proses penetapan anggota Bawaslu dapat mempengaruhi niat mereka untuk berpartisipasi dalam pemilihan.


Administrasi publik, sebagai disiplin yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan layanan publik, memiliki keterkaitan kuat dengan cara lembaga-lembaga seperti Bawaslu beroperasi dan berinteraksi dengan masyarakat.


Pentingnya persepsi ini dengan memahami persepsi dan harapan generasi muda terhadap lembaga pengawas pemilihan serta dampaknya terhadap keterlibatan mereka dalam proses pemilihan, pemerintah dan lembaga terkait dapat mengambil langkah-langkah yang lebih baik dalam memfasilitasi partisipasi pemuda dalam proses demokrasi.


Oleh karena itu, ulasan bagaimana opini generasi muda terhadap penetapan anggota Bawaslu dapat membentuk pandangan mereka tentang kualitas demokrasi dan proses pemilihan, serta bagaimana pandangan ini mungkin mempengaruhi tingkat partisipasi politik pemuda dalam pemilihan.


Dengan demikian, tinjauan administrasi publik yang mendalam mengenai persepsi ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pembuatan kebijakan dan perbaikan proses pemilihan umum.

Cerminan sejumlah aspek yang mempengaruhi pandangan generasi muda terhadap penetapan anggota Bawaslu, seperti Transparansi dan Akuntabilitas, Generasi muda sering menghargai transparansi dalam proses pemilihan.


Terkait dengan sejauh mana proses penetapan anggota dilakukan secara terbuka dan akuntabel. Ketidakjelasan atau tindakan yang meragukan dalam penetapan anggota Bawaslu dapat merusak kepercayaan generasi muda terhadap lembaga ini.


Independensi dan Netralitas, Generasi muda cenderung melihat lembaga pengawas pemilihan sebagai penjaga integritas dan netralitas proses pemilihan.


Pandangan mereka bisa dipengaruhi oleh tingkat independensi anggota Bawaslu dari pengaruh politik dan kepentingan pihak tertentu. Pendapat yang meragukan tentang netralitas anggota Bawaslu dapat merongrong keyakinan generasi muda dalam integritas pemilihan.


Dampak pada Kualitas Demokrasi, Opini generasi muda tentang kualitas demokrasi dapat berdampak pada pandangan mereka terhadap lembaga pengawas pemilihan. Jika mereka melihat penetapan anggota Bawaslu sebagai kontroversial atau tidak adil, pandangan mereka tentang efektivitas demokrasi dalam menjalankan kehendak rakyat dapat terpengaruh.


Aksesibilitas Informasi, Persepsi generasi muda juga dapat dipengaruhi oleh sejauh mana mereka memiliki akses terhadap informasi mengenai proses penetapan anggota Bawaslu. Jika informasi tidak mudah diakses atau dirasakan ambigu, generasi muda cederung merasa kurang informasi untuk membentuk opini yang kuat.


Harapan terhadap Perubahan Positif: Generasi muda sering memiliki harapan tinggi terhadap perubahan positif dalam pemerintahan dan proses politik. pendapat mereka terhadap penetapan anggota Bawaslu akan tercermin dalam harapan mereka terhadap adanya perubahan substantif dalam pengawasan pemilihan untuk masa depan yang lebih baik.


Penegasan ini disampaikan oleh Delpi, bahwa opini generasi muda terhadap penetapan anggota Bawaslu dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap persepsi mereka terhadap integritas dan efektivitas lembaga tersebut.


Bagaimana generasi muda melihat proses ini dapat berpengaruh pada tingkat partisipasi politik mereka dalam pemilihan dan, lebih luas lagi, pada kekuatan demokrasi di negara ini.

Oleh : Delpi Susanti
Consultan Kebijakan Publik Aktif di Indonesian Association Publik Administration



 
Berita Lainnya :
  • Persepsi Generasi Muda dalam Penetapan Bawaslu dan Dampaknya Terhadap Partisipasi Pemuda di Pemilu
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Anak SMA ini Mengaku Dengan "OM" atau "Pacar" Sama Enaknya, Simak Pengakuannya
    2 Azharisman Rozie Lolos Tujuh Besar Seleksi Sekdaprov Riau, 12 Orang Gugur
    3 Tingkatkan Pelayanan dan Tanggap dengan pengaduan masyarakat
    Lusa, Camat Bukit Raya Lauching Forum Diskusi Online
    4 Pemko Pekanbaru Berlakukan Syarat Jadi Ketua RT dan RW Wajib Bisa Operasikan Android
    5 Inilah Pengakuan Istri yang Rela Digarap 2 Sahabat Suaminya
    6 Astagfirullah, Siswi Di Tanggerang Melahirkan Di Tengah Kebun Dan Masih Memakai Seragam
    7 Lima Negara Ini Di cap memiliki Tingkat Seks Bebas Tertinggi
    8 Selingkuh, Oknum PNS Pemprov Riau Dipolisikan Sang Istri
    9 Langkah Cepat Antisipasi Banjir, PU Bina Marga Pekanbaru Lakukan Peremajaan Parit-parit
    10 Dosen Akper Mesum Dengan Mahasiswinya di Kerinci Terancam Dipecat
     
    Pekanbaru Rohil Opini
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2022 PT. Alfagaba Media Group, All Rights Reserved