www.riau12.com
Jum'at, 19-Juli-2024 | Jam Digital
15:55 WIB - Ditinjau Bupati Suhardiman, Jembatan Geringging Baru Dibangun Kembali | 15:30 WIB - Perbaikan Drainase Tak Kunjung Tuntas, Jalan Mutiara Semakin Tak Jelas Bentuknya | 15:28 WIB - Didesak Palestina Bekukan Israel, FIFA Tunda Putusan Hingga Olimpiade Paris 2024 | 15:25 WIB - Jika Menangi Pilpres AS, Donald Trump Janji Hentikan Konflik Internasional | 15:22 WIB - Program Pendidikan LAZnas PHR Raih Predikat Gold di Ajang Zakat Awards 2024 | 14:56 WIB - Akui Sedang Komunikasi Intensif, Nasdem Merapat ke Abdul Wahid?
 
Dituduh Ukraina Serang RS Anak di Kiev, Rusia Sebut Itu Kena Senjata Mereka Sendiri
Rabu, 10-07-2024 - 09:03:16 WIB

TERKAIT:
   
 

Riau12.com-KIEV- Serangan rudal terhadap Rumah Sakit Anak Okhmatdyt di Kiev, Ukraina, Senin (8/7/2024), menuai sorotan internasional. Sejumlah kalangan, terutama Ukraina, lantas menyalahkan Moskow.

Namun, pihak Rusia menolak mentah-mentah untuk disalahkan. Duta Besar Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia mengatakan, tragedi di RS Anak Okhmatdyt itu justru disebabkan oleh kesalahan Ukraina karena mengerahkan sistem pertahanan udara di kawasan pemukiman. Padahal, hal itu melanggar hukum kemanusiaan internasional.

“Tragedi seperti itu dapat dihindari jika rezim Kiev... tidak menempatkan pertahanan udara dan persenjataan berat di lingkungan pemukiman. Namun, negara-negara Barat yang mendukung rezim tersebut memilih untuk mengabaikan fakta penting tersebut,” kata Nebenzia kepada Dewan Keamanan PBB, Selasa (9/7/2024).

Ukraina sebelumnya menuduh Rusia menyerang rumah sakit anak utama di Kiev itu dengan sebuah rudal pada Senin kemarin. Moskow juga dituding menghujani kota-kota lain di seluruh Ukraina dengan rudal, menewaskan sedikitnya 41 warga sipil. 

Dinas Keamanan Ukraina mengatakan, rudal Kh-101 Kalibr Rusia menghantam rumah sakit dan bukti mengenai senjata itu ditemukan di lokasi kejadian. Salah satunya adalah pecahan bagian belakang rudal dengan nomor seri, dan bagian dari sistem panduannya.

Menanggapi tuduhan itu, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan klaim Ukraina tentang serangan Moskow yang disengaja terhadap sasaran sipil di Ukraina tidak sesuai dengan kenyataan. Menurut militer Rusia, rekaman dari Kiev justru menunjukkan bahwa kerusakan pada rumah sakit anak tersebut disebabkan oleh rudal pertahanan udara Ukraina yang diluncurkan dari sebuah sistem di kota itu.

Ribuan warga sipil Ukraina tewas selama berlangsungnya perang sejak Rusia melancarkan agresi militer ke Ukraina pada Februari 2022. Jumlah warga sipil yang dibunuh jauh lebih kecil di wilayah Rusia dan di wilayah Ukraina yang dikuasai dan diklaim Moskow sebagai milik Rusia.(***)

Sumber: Cakaplah



 
Berita Lainnya :
  • Dituduh Ukraina Serang RS Anak di Kiev, Rusia Sebut Itu Kena Senjata Mereka Sendiri
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Anak SMA ini Mengaku Dengan "OM" atau "Pacar" Sama Enaknya, Simak Pengakuannya
    2 Azharisman Rozie Lolos Tujuh Besar Seleksi Sekdaprov Riau, 12 Orang Gugur
    3 Tingkatkan Pelayanan dan Tanggap dengan pengaduan masyarakat
    Lusa, Camat Bukit Raya Lauching Forum Diskusi Online
    4 Pemko Pekanbaru Berlakukan Syarat Jadi Ketua RT dan RW Wajib Bisa Operasikan Android
    5 Inilah Pengakuan Istri yang Rela Digarap 2 Sahabat Suaminya
    6 Astagfirullah, Siswi Di Tanggerang Melahirkan Di Tengah Kebun Dan Masih Memakai Seragam
    7 Lima Negara Ini Di cap memiliki Tingkat Seks Bebas Tertinggi
    8 Selingkuh, Oknum PNS Pemprov Riau Dipolisikan Sang Istri
    9 Langkah Cepat Antisipasi Banjir, PU Bina Marga Pekanbaru Lakukan Peremajaan Parit-parit
    10 Dosen Akper Mesum Dengan Mahasiswinya di Kerinci Terancam Dipecat
     
    Pekanbaru Rohil Opini
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2022 PT. Alfagaba Media Group, All Rights Reserved