www.riau12.com
Jum'at, 19-Juli-2024 | Jam Digital
15:55 WIB - Ditinjau Bupati Suhardiman, Jembatan Geringging Baru Dibangun Kembali | 15:30 WIB - Perbaikan Drainase Tak Kunjung Tuntas, Jalan Mutiara Semakin Tak Jelas Bentuknya | 15:28 WIB - Didesak Palestina Bekukan Israel, FIFA Tunda Putusan Hingga Olimpiade Paris 2024 | 15:25 WIB - Jika Menangi Pilpres AS, Donald Trump Janji Hentikan Konflik Internasional | 15:22 WIB - Program Pendidikan LAZnas PHR Raih Predikat Gold di Ajang Zakat Awards 2024 | 14:56 WIB - Akui Sedang Komunikasi Intensif, Nasdem Merapat ke Abdul Wahid?
 
Muak dengan OverTourism, 2800 Warga Lokal Barcelona Tembak Turis-turis dengan Pistol Air
Selasa, 09-07-2024 - 09:27:21 WIB

TERKAIT:
   
 

Riau12.com-BARCELONA- Warga Barcelona benar-benar muak dengan overtourism atau ledakan wisatawan. Mereka turun ke jalan menyemprotkan air ke turis-turis yang sedang bersantai di kafe.

Mengutip BBC, Senin (8/7/2024), pengunjuk rasa itu memprotes pariwisata massal atau mass tourism di Barcelona. Sebanyak 2.800 orang berjejer di sepanjang distrik tepi laut Barcelona dengan membawa spanduk 'Cukup! Mari kita batasi pariwisata'.

Video yang direkam di Barcelona dalam aksi protes selama akhir pekan lalu menunjukkan pengunjung di kawasan wisata populer disemprot dengan pistol air, disertai teriakan "turis pulang" oleh pengunjuk rasa.

Dalam aksi unjuk rasa itu, warga lokal menyampaikan kecaman terhadap pariwisata massal dan dampaknya terhadap Barcelona. Mereka menuntut kebijakan mengurangi jutaan wisatawan yang tiap tahun memenuhi salah satu wisata populer di Spanyol itu.

Wali Kota Barcelona berjanji untuk menghapuskan izin tinggal jangka pendek bagi turis di kota tersebut dalam waktu lima tahun.

Menurut otoritas setempat, kota pesisir timur laut, dengan situs-situs terkenal di dunia, seperti La Sagrada Familia, menerima lebih dari 12 juta wisatawan tahun lalu. Itu masih ditambah bangunan-bangunan unik mahakarya arsitek legendaris Antoni Gaudi, di antaranya Park Güell, Casa Milà (La Pedrera), dan Casa Batllo.

Tim sepakbola Barcelona FC juga diminati oleh wisatawan. Bukan hanya di laga-laga kandang Barcelona, tetapi museum Barcelona juga menjadi magnet turis dunia.

"Saya tidak menentang pariwisata, namun di sini, di Barcelona, kami menderita karena banyaknya pariwisata yang membuat kota kami tidak dapat ditinggali," kata Jordi Guiu, sosiolog berusia 70 tahun.

Dengan spanduk bertuliskan 'Kurangi pariwisata sekarang!' para pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan seperti 'Turis keluar dari lingkungan kami'. Mereka juga berhenti di depan hotel dan mengejutkan para tamu.

Salah satu imbas yang paling terasa bagi warga lokal adalah meroketnya harga properti. Warlok kesulitan membeli atau pun menyewa rumah.

Menurut data otoritas lokal, harga perumahan naik 68 persen dalam satu dekade terakhir.

"Toko-toko lokal tutup untuk memberi jalan bagi toko-toko yang tidak melayani kebutuhan lingkungan sekitar. Masyarakat tidak mampu membayar sewa," kata Isa Miralles, musisi berusia 35 tahun yang tinggal di Distrik Barceloneta.

Untuk memerangi efek negatif pariwisata massal, dewan kota yang dipimpin oleh Sosialis Jaume Collboni telah mengumumkan melarang penyewaan apartemen turis (sekarang jumlahnya lebih dari 10.000) mulai tahun 2028.

Pengumuman tersebut dapat menimbulkan perselisihan hukum dan ditentang oleh asosiasi apartemen wisata yang mengatakan bahwa kebijakan tersebut hanya akan menguntungkan pasar gelap.

Dalam 10 tahun terakhir, ledakan apartemen jangka pendek di Barcelona naik 68% dan biaya pembelian rumah naik 38%. Ini membuat penduduk tidak mampu membeli apartemen dan menjadi pendorong kesenjangan bagi kaum muda.(***)

Sumber: Cakaplah



 
Berita Lainnya :
  • Muak dengan OverTourism, 2800 Warga Lokal Barcelona Tembak Turis-turis dengan Pistol Air
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Anak SMA ini Mengaku Dengan "OM" atau "Pacar" Sama Enaknya, Simak Pengakuannya
    2 Azharisman Rozie Lolos Tujuh Besar Seleksi Sekdaprov Riau, 12 Orang Gugur
    3 Tingkatkan Pelayanan dan Tanggap dengan pengaduan masyarakat
    Lusa, Camat Bukit Raya Lauching Forum Diskusi Online
    4 Pemko Pekanbaru Berlakukan Syarat Jadi Ketua RT dan RW Wajib Bisa Operasikan Android
    5 Inilah Pengakuan Istri yang Rela Digarap 2 Sahabat Suaminya
    6 Astagfirullah, Siswi Di Tanggerang Melahirkan Di Tengah Kebun Dan Masih Memakai Seragam
    7 Lima Negara Ini Di cap memiliki Tingkat Seks Bebas Tertinggi
    8 Selingkuh, Oknum PNS Pemprov Riau Dipolisikan Sang Istri
    9 Langkah Cepat Antisipasi Banjir, PU Bina Marga Pekanbaru Lakukan Peremajaan Parit-parit
    10 Dosen Akper Mesum Dengan Mahasiswinya di Kerinci Terancam Dipecat
     
    Pekanbaru Rohil Opini
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2022 PT. Alfagaba Media Group, All Rights Reserved