www.riau12.com
Selasa, 18-Juni-2024 | Jam Digital
20:51 WIB - Doa Wukuf Jamaah Haji Indonesia Dipimpin Habib Ibrahim Lutfi | 19:50 WIB - PSIS Semarang perpanjang kontrak Rizky Darmawan dua musim | 18:55 WIB - Satgas Karhutla Riau Gencar Lakukan TMC, Hujan Buatan Dibuat di 4 Kabupaten | 18:03 WIB - Terjerat Pinjol: Karyawan di Batam Curi 143 Ponsel, Pabrik Rugi Rp450 Juta | 17:25 WIB - Survei LSI, Abdul Wahid Memimpin di Pilgub Riau 2024 | 16:41 WIB - Hutan Kota Belakang Kantor Bupati Pasirpengaraian Ditutup Sementara, Beruang Madu Masih Berkeliaran
 
Sempat Panik, Pipa Air Bersih yang Baru Dipasang Semburkan Air ke Jalan
Selasa, 11-06-2024 - 14:48:54 WIB

TERKAIT:
   
 

Riau12.com-PEKANBARU- Suasana panik dirasakan oleh masyarakat di Jalan Riau Kecamatan Payung Sekaki, Ahad (9/6) malam. Pasalnya, pipa air bersih yang baru saja dilakukan pemasangan di badan jalan protokol tersebut menyemburkan air dengan kekuatan yang cukup besar hingga membasahi badan jalan dan pengendara motor yang melintas.

Meskipun begitu, saat tim Riau Pos melakukan pemantauan di lokasi, Senin (10/6) tampak semburan air bersih sudah tertangani dan sekitar area ditutupi dengan water barrier di sekitar lokasi pipa air yang bocor dan telah dilakukan penutupan seperti sediakala.

Salah seorang warga Antoni, kebocoran pipa air bersih itu terjadi sekitar pukul 19.00 WIB. Di mana saat itu arus lalu lintas di kawasan tersebut cukup ramai.

Namun tiba-tiba terdengar suara air mancur yang keluar dari balik tanah tepatnya di badan jalan, dan membuat badan jalan tergenang.

”Sempat kaget karena tiba-tiba ada air mancur yang keluar. Tapi tak sampai 30 menit petugas datang melakukan perbaikan,” katanya.

Ia berharap seluruh pipa air bersih yang ada di jalanan Kota Pekanbaru dapat terus dicek keberadaannya sehingga tidak mengalami hal serupa yang dapat menganggu aktivitas masyarakat.

”Semoga saja tidak terjadi lagi. Karena sayang juga air bersih yang terbuang sia-sia di badan jalan. Apalagi sampai keluar air mancur seperti itu ditengah jalan, bisa menganggu keselamatan pengendara juga,” ucapnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi oleh Riau Pos Direktur PT PP Tirta Madani, Reza Afnan melalui Humas PPTM Dina membenarkan peristiwa yang terjadi di Jalan Riau Kecamatan Payung Sekaki tersebut terjadi lantaran adanya pengetesan instalasi pipa PDAM yang baru selesai dipasang oleh PPTM dengan menggunakan hydrotest pipa yaitu berupa metode pengujian dengan menggunakan alat Hydrostatic Testing untuk mengukur kekuatan suatu benjana yang diberikan tekanan tertentu seperti pipa, jalur perpipaan, boiler, hose, manifold, dan lainnya. 

Selain itu pengujian ini juga untuk mengetahui ada atau tidaknya kebocoran dalam sistem perpipaan, sehingga nantinya aman untuk digunakan.

Metode pengujian ini umumnya menggunakan media fluida yaitu air untuk memeriksa adanya kebocoran atau tidak. Cara melakukannya yaitu dengan memasukkan air ke dalam sistem pipa, kemudian diberi tekanan dalam waktu tertentu secara bertahap. 

Tekanan yang diberikan umumnya lebih tinggi dari tekanan design sebelum menutup kembali galian pipa air minum.

”Itu sedang rilis uji coba pipa dan cuma dilakukan pada malam itu saja.Kita mohon maaf kalau malam ini sedikit mengganggu dan bikin kaget warga,” tuturnya.

Pihaknya juga memastikan proses pengecekan terhadap pipa air bersih yang baru dipasang tersebut sudah dilakukan perbaikan dengan menggunakan alat berat dan penutupan kembali badan jalan yang rusak akibat aliran air yang cukup deras ke permukaan.(***)

Sumber: Riaupos.co



 
Berita Lainnya :
  • Sempat Panik, Pipa Air Bersih yang Baru Dipasang Semburkan Air ke Jalan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Anak SMA ini Mengaku Dengan "OM" atau "Pacar" Sama Enaknya, Simak Pengakuannya
    2 Azharisman Rozie Lolos Tujuh Besar Seleksi Sekdaprov Riau, 12 Orang Gugur
    3 Tingkatkan Pelayanan dan Tanggap dengan pengaduan masyarakat
    Lusa, Camat Bukit Raya Lauching Forum Diskusi Online
    4 Pemko Pekanbaru Berlakukan Syarat Jadi Ketua RT dan RW Wajib Bisa Operasikan Android
    5 Inilah Pengakuan Istri yang Rela Digarap 2 Sahabat Suaminya
    6 Astagfirullah, Siswi Di Tanggerang Melahirkan Di Tengah Kebun Dan Masih Memakai Seragam
    7 Lima Negara Ini Di cap memiliki Tingkat Seks Bebas Tertinggi
    8 Selingkuh, Oknum PNS Pemprov Riau Dipolisikan Sang Istri
    9 Langkah Cepat Antisipasi Banjir, PU Bina Marga Pekanbaru Lakukan Peremajaan Parit-parit
    10 Dosen Akper Mesum Dengan Mahasiswinya di Kerinci Terancam Dipecat
     
    Pekanbaru Rohil Opini
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2022 PT. Alfagaba Media Group, All Rights Reserved