www.riau12.com
Senin, 10-08-2020 | Jam Digital
07:05 WIB - Ini 15 Tanda-tanda Kematian, Ternyata Bisa Dilihat 6 Bulan Sebelum Ajal, Sering Terjadi Sehari-hari! | 06:10 WIB - Nenek Berambut 'Ular', Tolak Potong Rambut Selama 64 Tahun | 05:30 WIB - Kenakan Lingerie di Balik APD Transparan Viral, Perawat Ini Dapat Tawaran Jadi Model | 05:10 WIB - Ini Efeknya Jika Terlalu Sering Marah pada Anak, Ortu Harus Tahu | 04:45 WIB - Imam Masjid Al Falah Pekanbaru Ditikam OTK, Pisau Pelaku Bengkok | 17:55 WIB - Sosialisasikan YTWU, UAS Motivasi Konversi BRK ke Syariah
 
Menpupera: Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai Dimulai Akhir November 2015
Selasa, 10-11-2015 - 06:54:54 WIB
Ilustrasi
TERKAIT:
 
  • Menpupera: Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai Dimulai Akhir November 2015
  •  

    JAKARTA, Riau12.com - Menpupera Basuki Hadimuljono mengatakan proyek pembangunan jalan Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Kandis-Dumai sepanjang 135 kilometer akan memasuki pemasangan tiang pancang pertama pada akhir November 2015.

    "Dari 135 kilometer, sebanyak 20 km lahan sudah bebas atau mencapai 15 persen. Dengan begitu sudah bisa mulai dibangun," kata Basuki, usai melakukan Rapat Monitoring Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin.

    Menurut Basuki, pembebasan lahan bertahap dilakukan bertahap sesuai dengan kondisi di lapangan. "Sejauh ini sudah bebas 20 kilometer. Di sela-sela itu ada lahan sepanjang 1 kilometer milik swasta, tapi ini tidak masalah karena akan lebih mudah pembebasannya," ujarnya.

    Sementara itu pada ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer pembebasan lahannya sudah mencapai 40 kilometer. "Ruas ini minggu lalu (Jumat, 6/11) ditinjau Presiden Joko Widodo. Progres pembebasan dan kontruskinya berjalan bagus," ujarnya.

    Ia pun menjelaskan, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar pembebasan lahan ditargetkan akan tuntas (clear) pada Juni 2016. "Kalau sudah tuntas seluruhnya, maka konstruksinya dipastikan selesai sesuai target pada tahun 2018," tegas Basuki, seperti dilansir dari republika.co.id

    Sedangkan pada ruas tol Terbanggi Besar-Kayu Agung sepanjang 185 km saat ini sudah ada trase, namun akan dipetakan lagi oleh Penas, agar kalau ada daerah yang padat penduduk bisa dihindari.

    "Akhir tahun ini (2015) Penlok (penetapan lokasi) diharapkan sudah rampung. Jadi waktu mau melakukan disain disesuaikan dengan hasil potret yang baru," ujarnya.

    BPKP-Kejaksaan Agung

    Basuki mengatakan rapat rutin pelaporan progres jalan Tol Trans Sumatera ini sudah mengikutsertakan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Kejaksaan Agung.

    "Keterlibatan BPKP, Kejaksaan, Badan Pertanahan Nasional (BPN) semuanya sesuai dengan tugas masing-masing mulai dari pembebasan lahan, pengawasan alokasi pendanaan, hingga penyelesaian hukum jika ada kendala soal lahan," ujarnya.

    Terkait alokasi dana pembebasan lahan, Dirjen Jalan Bebas Hambatan Perkotaan dan Fasilitasi Jalan Daerah, Kementerian PU, Subagyo mengatakan sudah memiliki progres yang bagus.

    "Penyerapan anggaran pembebasan lahan sudah mencapai sekitar Rp 3 triliun, dari total yang dialokasikan sekitar Rp 5,5 triliun," ujar Subgayo.(r12/hr)



     
    Berita Lainnya :
  • Menpupera: Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai Dimulai Akhir November 2015
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Anak SMA ini Mengaku Dengan "OM" atau "Pacar" Sama Enaknya, Simak Pengakuannya
    2 Azharisman Rozie Lolos Tujuh Besar Seleksi Sekdaprov Riau, 12 Orang Gugur
    3 Inilah Pengakuan Istri yang Rela Digarap 2 Sahabat Suaminya
    4 Tingkatkan Pelayanan dan Tanggap dengan pengaduan masyarakat
    Lusa, Camat Bukit Raya Lauching Forum Diskusi Online
    5 Astagfirullah, Siswi Di Tanggerang Melahirkan Di Tengah Kebun Dan Masih Memakai Seragam
    6 Langkah Cepat Antisipasi Banjir, PU Bina Marga Pekanbaru Lakukan Peremajaan Parit-parit
    7 Selingkuh, Oknum PNS Pemprov Riau Dipolisikan Sang Istri
    8 Pemko Pekanbaru Berlakukan Syarat Jadi Ketua RT dan RW Wajib Bisa Operasikan Android
    9 Dosen Akper Mesum Dengan Mahasiswinya di Kerinci Terancam Dipecat
    10 Lima Negara Ini Di cap memiliki Tingkat Seks Bebas Tertinggi
     
    Pekanbaru Rohil Opini
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2019 PT. Alfagaba Media Group, All Rights Reserved