www.riau12.com
Selasa, 18-09-2018 | Jam Digital
23:12 WIB - Bawaslu Riau Gelar Sidang Lanjutan Gugatan Syintia Dewi Terhadap KPU | 22:00 WIB - Cegah Pelanggaran, Bawaslu Riau Sosialisasikan Pengawasan Pemilu ke Parpol | 21:30 WIB - Dinas PUPR Beberkan Penyebab Banjir di Sungai Sail Pasar Dupa, Bangunan di Tengah Sungai | 20:12 WIB - Parah, Tiang Bangunan Dalam Sungai Penyebab Banjir di Pasar Dupa | 19:30 WIB - Wakil Rakyat Sayangkan Tunggakan Utang BPJS ke RSUD Arifin Ahmad | 19:00 WIB - Dengan Fortaru, Kadis PUPR Indra Pomi Cari Penyebab Banjir di Sungai Sail Dupa
 
Agar MPP Lebih 'Nendang', Pemda Belajar ke Azerbaijan
Kamis, 05-07-2018 - 11:30:12 WIB
TERKAIT:
 
  • Agar MPP Lebih 'Nendang', Pemda Belajar ke Azerbaijan
  •  

    Riau12.com-JAKARTA-Menindaklanjuti penandatanganan MoU Indonesia dengan Azerbaijan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan sejumlah pemerintah daerah mengikuti Training for Trainers (ToT) di ASAN Xidmat Center 3, Azerbaijan. Hal ini dilakukan untuk mendorong dan meningkatkan kualitas pelayanan Mal Pelayanan Publik (MPP) di berbagai daerah.

    Asdep Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah I Kementerian PANRB Noviana Andrina mengatakan, pemerintah daerah diharapkan bisa menyerap dan pengetahuan dan pengalaman dari negara tersebut mengenai ASAN Xidmat.

    "Kegiatan ini dilakukan untuk transfer knowledge penyelenggaraan pelayanan terintegrasi di Azerbaijan," ujarnya di Azerbaijan yang dihubungi via telepon, Kamis (05/07).

    Dikatakan, Azerbaijan memiliki kisah sukses dalam membuat perubahan layanan yang radikal dalam pelayanan publik melalui ASAN Xidmat. Pelayanan publik terintegrasi dengan baik sehingga masyarakat mendapatkan layanan tanpa harus dipusingkan dengan prosedur yang berbelit, panjang dan lama. "Inovasi ini yang mengilhami Kementerian PANRB dalam mendorong pembangunan Mal Pelayanan Publik," ujarnya.

    ToT yang berlangsung tanggal 4-6 Juli 2018 ini diharapkan meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dalam melakukan integrasi unit-unit pelayanan yang terlibat dalam mal pelayanan publik.

    Peserta dari pemerintah daerah yang ikut serta antara lain Bupati Belu, NTT Willybrodus Lay, Asisten 3 Sekda Kota Padang Didi Aryadi, Sekda Kota Pekanbaru Mohd. Noer MBS, Kadinas DPMPTSP Kab. Badung I Made Agus Aryawan, Kadinas DPMPTSP Kota Denpasar Made Kusuma Diputra, Kadinas DPMPTSP Kota Padang Rudy Rinaldy, Kadinas DPMPTSP Kota Pekanbaru Muhammad Jamil, Kadinas DPMPTSP Kota Samarinda Akhmad Maulana Karuddin, Kepala Seksi DPMPTSP DKI Jakarta Salman Al Farisi, Kepala Seksi DPMPTSP DKI Jakarta Muhammad Lutifu, Kepala Seksi DPMPTSP Kab Badung I Gede Suparta, Kepala Seksi DPMPTSP Kab. Belu Gregorius Suri.

    Peserta juga berkesempatan melihat dan belajar langsung layanan publik di ASAN Xidmat. Pemda peserta ToT ini ada yang sudah membangun MPP, ada juga yang tengah dan akan membangun MPP di wilayahnya masing-masing. Dengan melihat langsung ASAN Xidmat, akan memberikan banyak pemahaman tentang bagaiamana membangun sistem pelayanan publik terintegrasi.

    Selain ke Azerbaijan, peserta juga mengunjungi Public Service Hall (PSH) di Georgia, yang mampu mengubah iklim investasi yang tidak ramah menjadi negara yang ramah investasi.

    PSH Georgia mampu meningkatkan ranking Ease of Doing Business (EoDB), tahun 2017 dari ranking ke-16 ke posisi 9 pada tahun 2018. MPP di Indonesia juga diharapkan memiliki daya gedor EODB seperti di Georgia, sehingga target Presiden Joko Widodo dapat tercapai, yakni menduduki ranking 40 dimana saat ini masih di urutan 72.

    "Kehadiran MPP di Indonesia juga diharapkan membuat perubahan seperti itu," imbuh Noviana Andrina. (rls)



     
    Berita Lainnya :
  • Agar MPP Lebih 'Nendang', Pemda Belajar ke Azerbaijan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Anak SMA ini Mengaku Dengan "OM" atau "Pacar" Sama Enaknya, Simak Pengakuannya
    2 Azharisman Rozie Lolos Tujuh Besar Seleksi Sekdaprov Riau, 12 Orang Gugur
    3 Astagfirullah, Siswi Di Tanggerang Melahirkan Di Tengah Kebun Dan Masih Memakai Seragam
    4 Inilah Pengakuan Istri yang Rela Digarap 2 Sahabat Suaminya
    5 Tingkatkan Pelayanan dan Tanggap dengan pengaduan masyarakat
    Lusa, Camat Bukit Raya Lauching Forum Diskusi Online
    6 Langkah Cepat Antisipasi Banjir, PU Bina Marga Pekanbaru Lakukan Peremajaan Parit-parit
    7 Selingkuh, Oknum PNS Pemprov Riau Dipolisikan Sang Istri
    8 Lima Negara Ini Di cap memiliki Tingkat Seks Bebas Tertinggi
    9 Dosen Akper Mesum Dengan Mahasiswinya di Kerinci Terancam Dipecat
    10 Ada Mobil Goyang, Setelah Dibuka...Ternyata Polisi Mesum
     
    Pekanbaru Rohil Advertorial Pariwara Galeri Foto Opini
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. Alfagaba Media Group, All Rights Reserved