www.riau12.com
Rabu, 03-Maret-2021 | Jam Digital
16:57 WIB - Dengan Terapkan Prokes, FW KLA Silaturahmi Ke DPPPA Pekanbaru | 09:06 WIB - Mau Dapat Bantuan Subsidi KPR Rp 40 Juta, Ini Syaratnya! | 19:23 WIB - Pemko Pekanbaru Bebaskan Pembayaran Wajib PBB di Bawah 100 Ribu Rupiah | 17:10 WIB - Pertamina Buka Cara Bagaimana Hasilkan Keuntungan Rp 14 Triliun di Tengah Pandemi | 15:45 WIB - Oknum ASN di Rohil Ditangkap Aparat Kepolisian Akibat Simpan Sabu | 12:01 WIB - Pekan Ini, Harga TBS Sawit Naik Jadi Rp2.151,25 Per Kg
 
Pertamina Buka Cara Bagaimana Hasilkan Keuntungan Rp 14 Triliun di Tengah Pandemi
Selasa, 09-02-2021 - 17:10:23 WIB

TERKAIT:
 
  • Pertamina Buka Cara Bagaimana Hasilkan Keuntungan Rp 14 Triliun di Tengah Pandemi
  •  

    JAKARTA, RIAU12 - PT Pertamina (Persero) berhasil mencetak keuntungan sepanjang tahun lalu, meskipun sektor usaha minyak dan gas (migas) terdampak signifikan oleh pandemi Covid-19.

    Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini mengatakan, berdasarkan hasil kinerja keuangan yang saat ini masih diaudit, perseroan berhasil membukukan laba sebesar 1 miliar dollar AS atau setara Rp 14 triliun (asumsi kurs Rp 14.000 per dollar AS).

    Padahal, pada paruh pertama tahun 2020, Pertamina tercatat masih mengalami kerugian sebesar 767,92 juta dollar AS, diakibatkan oleh triple shock pandemi, yakni penurunan penjualan, anjloknya harga minyak mentah, dan tidak stabilnya kurs rupiah.

    "(Pertamina) bisa membukukan laba di tengah situasi pandemi Covid, kalau kita lihat benchmark IOC (international oil companies) lain, dimana BP membukukan rugi Rp 8 triliun, Exxon juga demikian ratusan triliun, Alhamdulillah kami dengan berbagai upaya sudah bisa menekan kerugian, dan bahkan bisa membukukan positif di akhir tahun 2020," tutur Emma dalam rapat dengar pendapat Komisi VII DPR RI, Selasa (9/2/2021) dilansir dari kompas.com.

    Lebih lanjut, Emma membeberkan berbagai strategi yang dilakukan perseroan, sehingga bisa menorehkan catatan keuangan positif sepanjang tahun 2020. Langkah utama yang dilakukan perseroan ialah pemangkasan biaya operasional.

    "Sehingga kita bisa membukukan positif di bottom line," katanya.

    Kemudian, perusahaan migas pelat merah itu juga menentukan kembali skala prioritas langkah investasi. Ini pun berimbas dengan penghematan biaya investasi atau capex perseroan, yang semula ditarget mencapai 6,4 miliar dollar AS, namun realisasinya hanya mencapai 4,7 miliar dollar AS.

    "Ada beberapa yang memang kita prioritas ulang dan ada beberapa memang yang tidak terealisasi karena pandemi Covid," ujarnya.

    Meskipun pada paruh pertama 2020 penjualan BBM sempat anjlok, Emma menyebutkan, pada kuartal akhir tahun lalu terjadi peningkatan signifikan, yang kemudian dapat menahan penurunan rata-rata penjualan secara tahunan.

    Lebih lanjut Emma menyebutkan, pendapatan perseroan juga disumbangkan oleh adanya pengakuan marketing fee (penjualan minyak mentah dan LNG), yang merupakan hasil dari koordinasi dengan Kementerian Keuangan dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

    Strategi lain yang dilakukan oleh Pertamina ialah menentukan pembelian minyak mentah pada saat harga globa tengah berada di titik terendah.

    Terakhir Pertamina juga melakukan mitigasi terhadap aset-aset di sektor hulu.

    "Mudah-mudahan masih ada tambahan (laba) lagi, karena audit belum selesai," ucap Emma.

    Sumber Berita: kompas.com




     
    Berita Lainnya :
  • Pertamina Buka Cara Bagaimana Hasilkan Keuntungan Rp 14 Triliun di Tengah Pandemi
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Anak SMA ini Mengaku Dengan "OM" atau "Pacar" Sama Enaknya, Simak Pengakuannya
    2 Azharisman Rozie Lolos Tujuh Besar Seleksi Sekdaprov Riau, 12 Orang Gugur
    3 Inilah Pengakuan Istri yang Rela Digarap 2 Sahabat Suaminya
    4 Tingkatkan Pelayanan dan Tanggap dengan pengaduan masyarakat
    Lusa, Camat Bukit Raya Lauching Forum Diskusi Online
    5 Astagfirullah, Siswi Di Tanggerang Melahirkan Di Tengah Kebun Dan Masih Memakai Seragam
    6 Langkah Cepat Antisipasi Banjir, PU Bina Marga Pekanbaru Lakukan Peremajaan Parit-parit
    7 Selingkuh, Oknum PNS Pemprov Riau Dipolisikan Sang Istri
    8 Pemko Pekanbaru Berlakukan Syarat Jadi Ketua RT dan RW Wajib Bisa Operasikan Android
    9 Lima Negara Ini Di cap memiliki Tingkat Seks Bebas Tertinggi
    10 Dosen Akper Mesum Dengan Mahasiswinya di Kerinci Terancam Dipecat
     
    Pekanbaru Rohil Opini
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2019 PT. Alfagaba Media Group, All Rights Reserved