www.riau12.com
Jum'at, 19-Juli-2024 | Jam Digital
15:55 WIB - Ditinjau Bupati Suhardiman, Jembatan Geringging Baru Dibangun Kembali | 15:30 WIB - Perbaikan Drainase Tak Kunjung Tuntas, Jalan Mutiara Semakin Tak Jelas Bentuknya | 15:28 WIB - Didesak Palestina Bekukan Israel, FIFA Tunda Putusan Hingga Olimpiade Paris 2024 | 15:25 WIB - Jika Menangi Pilpres AS, Donald Trump Janji Hentikan Konflik Internasional | 15:22 WIB - Program Pendidikan LAZnas PHR Raih Predikat Gold di Ajang Zakat Awards 2024 | 14:56 WIB - Akui Sedang Komunikasi Intensif, Nasdem Merapat ke Abdul Wahid?
 
Wasit Penerima Suap Felix Zwayer Ditunjuk Jadi Wasit di Semifinal Euro 2024 Tuai Kontroversi
Rabu, 10-07-2024 - 08:45:17 WIB

TERKAIT:
   
 

Riau12.com- Seorang wasit asal Jerman Felix Zwayer yang pernah tersangkut kasus suap 20 tahun lalu, telah ditunjuk menjadi wasit pertandingan Belanda vs Inggris pada semifinal Euro 2024. Pertandingan ini akan berlangsung pada Kamis (11/7/2024) dini hari, pukul 02.00 WIB di Signal Iduna Park, Dortmund.

Fakta ditunjuknya Zwayer sebagai wasit pada semifinal kedua menimbulkan kontroversi, terutama di Inggris.

Pada 2004 lalu, wasit Jerman itu menerima larangan enam bulan setelah diketahui menerima suap sebesar US$ 320 (sekitar Rp 5,2 juta) dari wasit Robert Hoyzer. Saat itu, Zwayer bekerja sebagai wasit garis pada pertandingan divisi empat Jerman, antara SV Wuppertal dan Werder Bremen Amateure.

Menurut penyelidikan, Zwayer tidak melaporkan pengaturan pertandingan yang dilakukan Hoyzer dan menerima uang suap untuk membantu SV Wuppertal dalam situasi penting.

Pada awal 2005, Zwayer dan tiga wasit lainnya melapor ke Federasi Sepak Bola Jerman. Hakim pidana Rainer Kock menyimpulkan bahwa Zwayer telah menerima suap. Namun wasit ini juga diakui berkontribusi dalam menyelesaikan kasus tersebut dan tidak melakukan kesalahan yang disengaja.

Zwayer pernah menimbulkan kontroversi saat memimpin kemenangan 3-2 Bayern Munchen atas Borussia Dortmund pada Desember 2021. Saat itu, ia menolak permintaan pemain Dortmund untuk memberikan penalti dan memberikan penalti lagi kepada Bayern ketika ia mengira bola menyentuh tangan Mats Hummels di area penalti. Robert Lewandowski mencetak gol dari penalti ini.

“Anda bisa meninjau banyak keputusan dalam pertandingan,” kata gelandang timnas Inggris Jude Bellingham, yang saat itu berusia 18 tahun dan masih bermain untuk Dortmund.

"Anda membiarkan wasit pengaturan pertandingan mengambil alih pertandingan terbesar di Jerman. Apa yang Anda harapkan?” tanyanya.

Setelah pernyataannya ketika itu, Bellingham didenda US$ 43.000 (sekitar Rp 699 juta) dan diselidiki oleh polisi Jerman. Sedangkan Zwayer hanya mendapat sanksi tidak boleh kerja selama dua bulan.

"Bellingham tidak menyebarkan kebohongan, tetapi apa yang terjadi di masa lalu. Saya tidak melihat ada yang tidak benar di sini," ujar CEO Dortmund Hans-Joachim Watzke membela sang pemain.

Zwayer akan memimpin semifinal Belanda vs Inggris bersama rekan senegaranya, termasuk dua wasit garis Stefan Lupp dan Marco Achmuller, wasit keempat Daniel Siebert, dan wasit VAR Bastian Dankert.

Saat ditanya alasan menunjuk wasit penerima suap untuk memimpin pertandingan semifinal Euro, UEFA enggan menjawab. Menurut surat kabar Inggris Daily Mail, badan sepak bola Eropa itu memiliki keyakinan penuh terhadap pilihan mereka.

Bek kiri Inggris Luke Shaw juga tidak mengkhawatirkan Zwayer. "Kami harus menghormati UEFA dalam memilih siapa yang akan menjadi wasit. Itu tidak akan mengubah apa pun bagi Inggris. Kami hanya perlu fokus pada pertandingan,” katanya.(***)

Sumber: Cakaplah



 
Berita Lainnya :
  • Wasit Penerima Suap Felix Zwayer Ditunjuk Jadi Wasit di Semifinal Euro 2024 Tuai Kontroversi
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Anak SMA ini Mengaku Dengan "OM" atau "Pacar" Sama Enaknya, Simak Pengakuannya
    2 Azharisman Rozie Lolos Tujuh Besar Seleksi Sekdaprov Riau, 12 Orang Gugur
    3 Tingkatkan Pelayanan dan Tanggap dengan pengaduan masyarakat
    Lusa, Camat Bukit Raya Lauching Forum Diskusi Online
    4 Pemko Pekanbaru Berlakukan Syarat Jadi Ketua RT dan RW Wajib Bisa Operasikan Android
    5 Inilah Pengakuan Istri yang Rela Digarap 2 Sahabat Suaminya
    6 Astagfirullah, Siswi Di Tanggerang Melahirkan Di Tengah Kebun Dan Masih Memakai Seragam
    7 Lima Negara Ini Di cap memiliki Tingkat Seks Bebas Tertinggi
    8 Selingkuh, Oknum PNS Pemprov Riau Dipolisikan Sang Istri
    9 Langkah Cepat Antisipasi Banjir, PU Bina Marga Pekanbaru Lakukan Peremajaan Parit-parit
    10 Dosen Akper Mesum Dengan Mahasiswinya di Kerinci Terancam Dipecat
     
    Pekanbaru Rohil Opini
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2022 PT. Alfagaba Media Group, All Rights Reserved