www.riau12.com
Selasa, 29-09-2020 | Jam Digital
10:51 WIB - Parah! Pria Ini Paksa Putri Tirinya Berhubungan & Rekam: VIDEO nya Viral | 09:01 WIB - Berlebihan Main Game PUBG Mobile Hingga Berhari-hari, Remaja 16 Tahun Ini Meninggal Dunia | 10:18 WIB - Mall Pelayanan Pekanbaru Dikunjungi DPMPTSP Sijunjung Sumbar | 22:23 WIB - Mau Transaksi Senjata Api, Polsek Tampan Borgol 2 Pelaku | 18:23 WIB - Walah! Dua Anggota DPRD Pekanbaru Inisial R dan Z Positif Covid-19 | 16:12 WIB - Pabrik Pengolahan Ban Bekas di Pekanbaru Dilalap Sijago Merah
 
Dapat Sorotan Masyarakat Terhadap Mal Buka, Pemko Pekanbaru Berikan Penjelasan Begini...
Selasa, 19-05-2020 - 09:08:23 WIB
TERKAIT:
 
  • Dapat Sorotan Masyarakat Terhadap Mal Buka, Pemko Pekanbaru Berikan Penjelasan Begini...
  •  

    Riau12.com, PEKANBARU - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih berlangsung hingga kini. Tapi mal tetap boleh beroperasi. Kebijakan itu berbanding terbalik dengan larangan Salat berjemaah di masjid yang banyak mendapat sorotan dari masyarakat.

    Walikota Pekanbaru Firdaus MT ketika dikonfirmasi oleh awak media menyebutkan, di Kota Pekanbaru ada sekitar 1.300 masjid dan musala. Jika semua rumah ibadah ini tetap diizinkan beraktivitas melaksanakan Salat berjemaah lima waktu, Salat Tarawih dan tadarus, ia dinilai lebih rawan terjadi penularan wabah virus corona atau Covid-19 secara massal.

    "1.300 masjid dan musala, bila itu kita biarkan mereka melaksanakan ibadah, kalau lima waktu dari 1.300 itu, anggap dengan jemaah Tarawih 50 orang saja, kali 1.300, ada 70 ribu orang yang akan bertemu dalam waktu dan tempat yang sama. Ini tentu risiko lebih tinggi," bebernya, Senin (18/5/2020).

    Sedangkan mal, di Pekanbaru hanya ada enam titik ditambah beberapa toko yang buka selama penerapan PSBB, jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan rumah ibadah seperti masjid dan musala.

    "Di Pekanbaru mal berapa? Hanya ada enam. Begitu juga dengan toko yang buka, berapa? Ini masih jauh sedikit dari jumlah masjid," ujarnya.

    Lanjutnya, orang yang datang ke toko tidak dalam waktu yang sama. Paling dalam satu toko, kata dia, orang paling banyak datang satu, dua bahkan tiga orang saja.

    "Tidak adalah satu toko itu ramai-ramai sampai 10 orang, tempatnya kecil, sempit. Kemudian mal itu juga lebih luas ruang geraknya, artinya physical distancing masih bisa terjaga," jelasnya.

    Bahkan, kata dia, ada juga mal yang membatasi pengunjungnya. "Di pintu mal sudah ada pengaturan, dengan perhitungan sekian banyak, kemudian tidak boleh berlebih. Kalau sudah keluar baru masuk (pengunjung baru)," tambahnya.

    Begitu juga dengan pasar, di Pekanbaru hanya ada 16 pasar baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta. Pasar diizinkan tetap beroperasi untuk memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

    "Kalau pasar tutup, bagaimana kita mau berbelanja kebutuhan. Maka kita harapkan terus dibuka dengan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Ini juga agar krisis ekonomoni tidak semakin parah," jelasnya seperti dilansir cakaplah.com.(***)



     
    Berita Lainnya :
  • Dapat Sorotan Masyarakat Terhadap Mal Buka, Pemko Pekanbaru Berikan Penjelasan Begini...
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Anak SMA ini Mengaku Dengan "OM" atau "Pacar" Sama Enaknya, Simak Pengakuannya
    2 Azharisman Rozie Lolos Tujuh Besar Seleksi Sekdaprov Riau, 12 Orang Gugur
    3 Inilah Pengakuan Istri yang Rela Digarap 2 Sahabat Suaminya
    4 Tingkatkan Pelayanan dan Tanggap dengan pengaduan masyarakat
    Lusa, Camat Bukit Raya Lauching Forum Diskusi Online
    5 Astagfirullah, Siswi Di Tanggerang Melahirkan Di Tengah Kebun Dan Masih Memakai Seragam
    6 Langkah Cepat Antisipasi Banjir, PU Bina Marga Pekanbaru Lakukan Peremajaan Parit-parit
    7 Selingkuh, Oknum PNS Pemprov Riau Dipolisikan Sang Istri
    8 Pemko Pekanbaru Berlakukan Syarat Jadi Ketua RT dan RW Wajib Bisa Operasikan Android
    9 Lima Negara Ini Di cap memiliki Tingkat Seks Bebas Tertinggi
    10 Dosen Akper Mesum Dengan Mahasiswinya di Kerinci Terancam Dipecat
     
    Pekanbaru Rohil Opini
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2019 PT. Alfagaba Media Group, All Rights Reserved