www.riau12.com
Jum'at, 19-Juli-2024 | Jam Digital
15:55 WIB - Ditinjau Bupati Suhardiman, Jembatan Geringging Baru Dibangun Kembali | 15:30 WIB - Perbaikan Drainase Tak Kunjung Tuntas, Jalan Mutiara Semakin Tak Jelas Bentuknya | 15:28 WIB - Didesak Palestina Bekukan Israel, FIFA Tunda Putusan Hingga Olimpiade Paris 2024 | 15:25 WIB - Jika Menangi Pilpres AS, Donald Trump Janji Hentikan Konflik Internasional | 15:22 WIB - Program Pendidikan LAZnas PHR Raih Predikat Gold di Ajang Zakat Awards 2024 | 14:56 WIB - Akui Sedang Komunikasi Intensif, Nasdem Merapat ke Abdul Wahid?
 
Bisa Bahayakan Kesehatan
4 Makanan yang Tak Boleh Dimakan Bersamaan Dengan Pisang, Termasuk Roti dan Susu
Senin, 08-07-2024 - 15:53:14 WIB

TERKAIT:
   
 

Riau12.com-JAKARTA - Pisang merupakan salah satu buah yang paling populer di seluruh dunia. Buah berwarna kuning ini cenderung memiliki rasa manis, tersedia sepanjang tahun, dan dapat diolah menjadi aneka makanan dan minuman.

Tak hanya itu, pisang juga kaya akan nutrisi, seperti serat, protein, kalium, vitamin, serta mineral yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan. Karenanya, pisang sangat cocok dikonsumsi sebagai pelengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Meskipun begitu, pisang tidak bisa dimakan sembarangan. Ternyata, ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bersama pisang karena bisa memicu reaksi dan menyebabkan masalah kesehatan.

Apa saja makanan yang dimaksud? Dikutip dari berbagai sumber, berikut produk makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi berbarengan dengan pisang.

1. Daging merah
Ternyata, mengonsumsi pisang setelah makan daging tidak disarankan. Dikutip dari NDTV Food, daging merah seperti daging sapi, domba, dan kambing memiliki kandungan protein hewani tinggi yang dapat memperlambat proses pencernaan.

Di sisi lain, pisang merupakan makanan yang mudah dicerna. Menurut para ahli kesehatan, jika kedua makanan tersebut dikonsumsi bersamaan maka dapat menyebabkan fermentasi dan gas dalam saluran pencernaan.

2. Produk susu
Pisang dan susu merupakan salah satu kombinasi yang kerap kita jumpai. Namun, keduanya ternyata tidak baik dikonsumsi secara bersamaan loh.

Kandungan nutrisi seperti protein, serat, vitamin, dan mineral yang ada pada pisang membuat buah tersebut bergizi dan mengenyangkan. Tapi jika dikombinasikan dengan lemak susu dan nutrisi lainnya, hal ini akan meningkatkan dosis nutrisi dan membuat pencernaan terganggu.

Selain itu, kombinasi pisang dan susu dapat menghasilkan senyawa yang dapat memperlambat pencernaan dan mengganggu flora di usus.

3. Buah citrus
Pisang dan buah citrus, seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan grapefruit, memiliki sifat yang saling bertentangan. Pisang memiliki sifat yang basa, sedangkan buah sitrus bersifat asam.

Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi pisang dengan makanan yang bersifat asam dapat memicu beragam masalah kesehatan, seperti mual, sakit kepala, dan lain-lain. Ayurveda, yakni ilmu kesehatan kuno India, juga menyebutkan konsumsi makanan yang sifatnya kontras dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan mengganggu kesehatan tubuh.

4. Roti dan kue
Roti dan pisang mungkin merupakan salah satu kombinasi makanan yang kerap disantap saat sarapan. Namun, kebiasaan ini bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Roti dan kue yang dipanggang mengandung karbohidrat olahan, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Di sisi lain, pisang termasuk makanan yang dapat melancarkan pencernaan. Ketika kedua makanan yang sifatnya bertentangan ini dipadukan, maka dapat meningkatkan risiko ketidakseimbangan pada sistem pencernaan, dan memicu berbagai bahaya kesehatan, seperti yang dilansir dari detik.(***)

Sumber: halloriau




 
Berita Lainnya :
  • 4 Makanan yang Tak Boleh Dimakan Bersamaan Dengan Pisang, Termasuk Roti dan Susu
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Anak SMA ini Mengaku Dengan "OM" atau "Pacar" Sama Enaknya, Simak Pengakuannya
    2 Azharisman Rozie Lolos Tujuh Besar Seleksi Sekdaprov Riau, 12 Orang Gugur
    3 Tingkatkan Pelayanan dan Tanggap dengan pengaduan masyarakat
    Lusa, Camat Bukit Raya Lauching Forum Diskusi Online
    4 Pemko Pekanbaru Berlakukan Syarat Jadi Ketua RT dan RW Wajib Bisa Operasikan Android
    5 Inilah Pengakuan Istri yang Rela Digarap 2 Sahabat Suaminya
    6 Astagfirullah, Siswi Di Tanggerang Melahirkan Di Tengah Kebun Dan Masih Memakai Seragam
    7 Lima Negara Ini Di cap memiliki Tingkat Seks Bebas Tertinggi
    8 Selingkuh, Oknum PNS Pemprov Riau Dipolisikan Sang Istri
    9 Langkah Cepat Antisipasi Banjir, PU Bina Marga Pekanbaru Lakukan Peremajaan Parit-parit
    10 Dosen Akper Mesum Dengan Mahasiswinya di Kerinci Terancam Dipecat
     
    Pekanbaru Rohil Opini
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2022 PT. Alfagaba Media Group, All Rights Reserved