www.riau12.com
Jum'at, 19-Juli-2024 | Jam Digital
15:55 WIB - Ditinjau Bupati Suhardiman, Jembatan Geringging Baru Dibangun Kembali | 15:30 WIB - Perbaikan Drainase Tak Kunjung Tuntas, Jalan Mutiara Semakin Tak Jelas Bentuknya | 15:28 WIB - Didesak Palestina Bekukan Israel, FIFA Tunda Putusan Hingga Olimpiade Paris 2024 | 15:25 WIB - Jika Menangi Pilpres AS, Donald Trump Janji Hentikan Konflik Internasional | 15:22 WIB - Program Pendidikan LAZnas PHR Raih Predikat Gold di Ajang Zakat Awards 2024 | 14:56 WIB - Akui Sedang Komunikasi Intensif, Nasdem Merapat ke Abdul Wahid?
 
Mudah Lelah dan Cepat Mengantuk? Waspadai Bisa Jadi Gejala Awal Penyakit Berikut Ini
Senin, 08-07-2024 - 14:17:15 WIB

TERKAIT:
   
 

Riau12.com-PEKANBARU- Kondisi badan yang mudah lelah saat menjalani rutinitas, ditambah pula mudah mengantuk ternyata bukan sesuatu yang lumrah. Hal ini bisa jadi alaram tubuh untuk memberi tahu bahwa kondisi anda sedang tidak baik-baik saja.

Jika mengalami kondisi ini secara terus menerus tanpa sebab, anda wajib waspada. Karena bisa jadi hal tersebut merupakan gejala awal dari beberapa penyakit berikut ini:

1. Penyakit Tiroid

Penyebab badan cepat lelah dan mudah mengantuk juga bisa dipicu oleh gangguan atau penyakit tiroid, seperti hipotiroidisme (kekurangan hormon tiroid), hipertiroidisme (kelebihan hormon tiroid), atau kanker tiroid.

Tidak hanya menyebabkan penderitanya merasa cepat lelah, penyakit tiroid juga menimbulkan sejumlah gejala lain, seperti dada berdebar, sering cemas, penurunan atau penambahan berat badan, dan sering keringat dingin.

2. Diabetes

Badan cepat lelah dan mudah mengantuk adalah gejala paling umum yang biasa dialami oleh penderita penyakit diabetes. Diabetes terjadi ketika tubuh tidak mampu mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga berada di atas ambang batas normal.

3. Anemia

Anemia adalah salah satu penyakit yang dapat menyebabkan badan cepat lelah dan mudah mengantuk. Anemia dapat terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah sehingga tidak mampu menyalurkan oksigen dan nutrisi ke seluruh sel-sel tubuh.

Kondisi anemia sendiri umumnya disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Selain mudah lelah, penderita anemia biasanya juga akan merasa pusing, demam, dan kedinginan.

Adapun cara mengatasi badan cepat lelah dan mudah mengantuk akibat anemia dapat dilakukan dengan beristirahat cukup, mengonsumsi makanan penambah darah, atau menggunakan obat-obatan sesuai anjuran dokter.

4. Gangguan Mental
Masalah kesehatan mental, seperti stres, depresi, atau gangguan cemas sering ditandai dengan munculnya gejala berupa penurunan nafsu makan, badan cepat lelah, dan mudah mengantuk.

Di samping itu, gangguan mental juga mampu menyebabkan penderitanya tidak semangat dalam menjalani aktivitas, mudah tersinggung, merasa cemas, bahkan dalam kondisi yang parah dapat mendorong seseorang untuk mengakhiri hidupnya.

Maka dari itu, masalah kesehatan mental perlu ditangani dengan segera untuk mencegah penderitanya melakukan hal-hal yang dapat membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain. Jadi, apabila Anda atau kerabat mengalami gejala ini, segera konsultasikan dengan dokter untuk memastikan penyebabnya dan mendapatkan penanganan secara tepat.

 5. Penyakit Jantung

Beberapa penyakit jantung seperti gagal jantung atau jantung koroner memiliki gejala yang sama yaitu mudah lelah. Meski demikian, tidak banyak penderita yang menyadari bahwa kondisi lelah dan mengantuk tersebut disebabkan oleh penyakit jantung.(***)

Sumber: Riaupos



 
Berita Lainnya :
  • Mudah Lelah dan Cepat Mengantuk? Waspadai Bisa Jadi Gejala Awal Penyakit Berikut Ini
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Anak SMA ini Mengaku Dengan "OM" atau "Pacar" Sama Enaknya, Simak Pengakuannya
    2 Azharisman Rozie Lolos Tujuh Besar Seleksi Sekdaprov Riau, 12 Orang Gugur
    3 Tingkatkan Pelayanan dan Tanggap dengan pengaduan masyarakat
    Lusa, Camat Bukit Raya Lauching Forum Diskusi Online
    4 Pemko Pekanbaru Berlakukan Syarat Jadi Ketua RT dan RW Wajib Bisa Operasikan Android
    5 Inilah Pengakuan Istri yang Rela Digarap 2 Sahabat Suaminya
    6 Astagfirullah, Siswi Di Tanggerang Melahirkan Di Tengah Kebun Dan Masih Memakai Seragam
    7 Lima Negara Ini Di cap memiliki Tingkat Seks Bebas Tertinggi
    8 Selingkuh, Oknum PNS Pemprov Riau Dipolisikan Sang Istri
    9 Langkah Cepat Antisipasi Banjir, PU Bina Marga Pekanbaru Lakukan Peremajaan Parit-parit
    10 Dosen Akper Mesum Dengan Mahasiswinya di Kerinci Terancam Dipecat
     
    Pekanbaru Rohil Opini
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2022 PT. Alfagaba Media Group, All Rights Reserved